PENGARUH RASIO ARUS KAS TERHADAP PREDIKSI KONDISI FINANCIAL DISTRESS PADA PERUSAHAAN JASA SEKTOR KEUANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Authors

  • ROMASI LUMBAN GAOL FE, Universitas Katolik Santo Thomas
  • LAU RENSIA RIRI INDRIANI FE, Universitas Katolik Santo Thomas

DOI:

https://doi.org/10.54367/jrak.v5i1.540

Keywords:

Rasio Arus Kas dari Aktivitas Operasi, Investasi, dan Pendanaan, Financial Distress

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh rasio arus kas terhadap prediksi kondisi financial distress pada perusahaan jasa sektor keuangan sub sektor lembaga pembiayaanyang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2011-2015. Data dari penelitian ini diperoleh dari laporan keuangan perusahaan jasa sektor keuangan sub sektor lembaga pembiayaan yang diambil dari www.idx.co.id dan Saham Oke tanggal 1 juni 2018. Penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi logistik dan pengujian hipotesis menggunakan uji t (parsial) dan uji f (simultan) dengan tingkat signifikansi 5%.Hasil penelitian menunjukkan bahwa rasio arus kas dari aktivitas operasi, rasio arus kas dari aktivitas investasi, dan rasio arus kas dari aktivitas pendanaan secara parsial tidak berpengaruh terhadap prediksi kondisi financial distress. Secara simultan menunjukkan bahwa rasio arus kas dari aktivitas operasi, rasio arus kas dari aktivitas investasi, dan rasio arus kas dari aktivitas pendanaan berpengaruh terhadap prediksikondisi financial distress pada perusahaan jasa sektor keuangan sub sektor lembaga pembiayaan.

Author Biography

ROMASI LUMBAN GAOL, FE, Universitas Katolik Santo Thomas

Dosen Tetap UNIKA Santo Thomas

References

Aminah, S. 2015. Manfaat Laba dan Arus Kas dalam Menentukan Prediksi Kondisi Financial Distress. Jurnal Akuntansi Vol 4 (5): 1-22.

Atika, Darminto, dan Handayani, Siti Ragil. 2012. Pengaruh Beberapa Rasio Keuangan Terhadap Prediksi Kondisi Financial distress (Studi Pada Perusahaan Tekstil Dan Garmen Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2008-2011) Jurnal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi, Vol 11, No.2.

Djongkang, F. dan Rita 2014. Manfaat Laba dan Arus Kas untuk Memprediksi Prediksi Kondisi Financial Distress. Jurnal Akuntansi Vol 1 (1).

Fachrudin, Khaira Amalia. 2008. Kesulitan Keuangan Perusahaan dan Personal. Medan: USU Press.

Fitria. 2010. Penggunaan Laba Dan Arus Kas Untuk Memprediksi Kondisi Financial Distress. Skripsi. Program Sarjana Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro. Semarang.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS Edisi 8. Semarang: Universitas Diponegoro

Hery. 2016. Analisis Laporan Keuangan Integrated and Comprehensive Edition. Jakarta: PT. Grasindo

Hery.2017.Teori Akuntansi Pendekatan Konsep dan Analisis. Jakarta: PT.Grasindo

Jumingan. 2006. Analisis Laporan Keuangan, Bumi Aksara, Cetakan Pertama, Jakarta.

Juwita, A. (2009). Prediksi Rasio Keuangan Terhadap Kondisi Financial Distress pada Perusahaan Property yang Terdapat di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Kordestani, Gholamreza, Vahid Bilgari, dan Mehrdad Bakhtiari. 2011. "Ability of Combinations of Cash Flow Components to Predict Financial Distress". Business: Theory and Practice, Volume 12, No.3. pp. 277-285.

Koes Pranowo. 2010. “Analisis Corporate Financial Distress Perusahaan Publik (Non Financial Companies).†Student Journal. Vol. 8

Mariana. 2015. Analisis Pengaruh Rasio Arus Kas Terhadap Prediksi Kondisi Financial Distress. Skripsi. Program Sarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara.

Published

2019-10-15

How to Cite

LUMBAN GAOL, R., & INDRIANI, L. R. R. (2019). PENGARUH RASIO ARUS KAS TERHADAP PREDIKSI KONDISI FINANCIAL DISTRESS PADA PERUSAHAAN JASA SEKTOR KEUANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Jurnal Riset Akuntansi &Amp; Keuangan, 5(1), 87–109. https://doi.org/10.54367/jrak.v5i1.540

Issue

Section

Artikel