FAKTOR–FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN SUKARELA LAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2014-2017

Authors

  • PARASIAN SIHALOHO FE, Universitas Katolik Santo Thomas
  • YAN CHRISTIN BR SEMBIRING FE, Universitas Katolik Santo Thomas

DOI:

https://doi.org/10.54367/jrak.v6i1.854

Keywords:

Pengungkapan Sukarela, Leverage, Likuiditas, Profitabilitas, Umur Perusahaan dan Ukuran Perusahaan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh leverage, likuiditas, profitabilitas, Umur Perusahaan, dan ukuran perusahaan terhadap mengungkapan sukarela laporan keuangan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah 156 perusahaan manufaktur.Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan, sehingga diperoleh sampel 65 perusahaan, dengan periode penelitian 4 tahun sehingga jumlah seluruh 252.. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dan pengujian hipotesis menggunakan uji t dan uji F dengan tingkat signifikansi sebesar 5%. Hasil uji secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa leverage berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan sukarela laporan keuangan, likuiditas berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan sukarela laporan keuangan, profitabilitas tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap pengungkapan sukarela laporan keuangan, Umur Perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan sukarela laporan keuangan dan ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikanterhadap pengungkapan sukarela laporan keuangan.

References

Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (1 Agustus 2012)

Peraturan Nomor X.K.6 :Penyampain Laporan Tahunan Emiten atau Perusahaan Public. http://www.bapepam.go.id (diakses pada 10 Maret 2019).

Bursa Efek Indonesia.Laporan Keuangan Bursa Efek Indonesia.www.idx.go.id (diakses pada 05 April 2019).

Idrayani, Vera. 2014. Pengaruh Profitabilitas, Leverage dan Likuiditas terhadap Kelengkapan Pengungkapan Sukarela dalam laporan tahunan pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2012. Jurnal Akuntansi Universitas Negeri Semarang Indonesia.

Iksan, Arfan, Muhyarsyah dan Rasdianto. 2013. Teori akuntansi. Bandung:Citapustaka Media Perintis.

Kasmir. 2010.Pengantar Manajemen Keuangan. Jakarta: Kencana Pernada

Media Group.

Kasmir.2012.Analisis Laporan Keuangan. Jakarta:Rajawali Pers.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Nugraheni, Bernadetta Diana. 2012. Analisi Faktor-faktor yang Berpengaruh terhadap Pengungkapan Sukarela dalam Laporan Tahunan.Jurnal Ekonomi dan Keuangan.

Sugiyono. 2015. Statistika untuk Penelitian. Cetakan 26. Bandung: Alfabeta.

Suta, Anita Yolanda. 2012. Analisis Faktor-faktor Luas Pengungkapan Informasi Sukarela Laporan Tahunan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008-2010. Diponegoro Journal of Accounting Fakultas Bisnis Unika Widya Mandala Surabaya.

Wardani, Puruwita. 2012. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Sukarela. Jurnal Akuntansi dan Keuangan.

Wiguna, Putu wisnu. 2013. Pengaruh Leverage Ukuran Perusahaan Profitabilitas dan Likuiditas terhadap Luas Pengungkapan Sukarela. (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek IndonesiaTahun 2007-2011.Jurnal Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Udayana.

Published

2020-08-10

How to Cite

SIHALOHO, P., & SEMBIRING, Y. C. B. (2020). FAKTOR–FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN SUKARELA LAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2014-2017. Jurnal Riset Akuntansi &Amp; Keuangan, 6(1), 97–118. https://doi.org/10.54367/jrak.v6i1.854

Issue

Section

Artikel