Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produktivitas Tenaga Kerja pada Proyek Pembangunan Jalan Tol Ruas Binjai-Langsa Seksi Binjai-Pangkalan Brandan

Authors

  • Yolanda Ayu Damayanti Program Studi Manajemen Rekayasa Konstruksi Gedung, Politeknik Negeri Medan
  • Mizanuddin Sitompul Program Studi Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan, Politeknik Negeri Medan

Keywords:

tenaga kerja, produktivitas, faktor-faktor yang mempengaruhi

Abstract

Sumber daya manusia merupakan salah satu faktor terpenting dalam menentukan keberhasilan suatu proyek. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang berpengaruh terhadap produktivitas tenaga kerja. Penelitian ini dilakukan pada proyek Pembangunan Jalan Tol Ruas Binjai-Langsa Seksi Binjai-Pangkalan Brandan. Metode penelitian yang digunakan dalam mencari hubungan antara produktivitas dengan faktor-faktor yang mempengaruhi adalah dengan metode Produktivity Rating, metode  analisis regresi linier berganda, uji t, uji F (ANOVA) dan koefisien determinasi dengan bantuan aplikasi statistik yaitu SPSS versi 26. Adapun metode analisis data lain yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas dan realibilitas yang digunakan dalam pengujian kuesioner. Tingkat produktivitas pekerja adalah sebesar 76,70%. Hal ini dapat dikatakan cukup memuaskan, karena Faktor Utilitas Pekerja lebih dari 40%-60%. Faktor-faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi produktivitas ada enam yaitu faktor tingkat upah, adanya insentif, keterbatasan area kerja, kerja lembur, jarak tempat tinggal, dan cuaca yang tidak menentu.

References

Edulan, E. K. (2016). Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas Tenaga Kerja Tukang Batu (Studi Kasus Hotel Grand Malebu Makassar) [Skripsi]. Institut Teknologi Nasional Malang.

Ervianto, W. I. (2005). Manajemen Proyek Konstruksi (Edisi Revisi). Yogyakarta: Andi.

Fendy, F., Handoko, J. R., Andi. (2015). Pengaturan Risiko Hujan Dalam Kontrak Serta Dampak Dan Kendalanya Pada Proyek Konstruksi. Jurnal Dimensi Pratama Teknik Sipil. 4(2).

Halida, A. R., & Abduh, M. (2016). Studi pengaruh sistem pembayaran tenaga kerja terhadap motivasi pekerja konstruksi. Prosiding Seminar Nasional Teknik Sipil 2016 (243-250). Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta

Husen, A. 2009. Manajemen Proyek. Yogyakarta. Penerbit : ANDI.

Je, K. (2014). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas Tenaga Kerja Pada Proyek Peningkatan Jalan Raja-Maunori Kabupaten Nagekeo. TEKNOSIAR, 8(1), 25-34.

Mayasari, I., & Wiguna, I. P. A. (2016). Pengaruh Sistem Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Dan Pemberian Insentif Terhadap Kinerja K3 Pada Proyek Konstruksi Di Surabaya. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Teknologi XXIV. Program Studi MMT-ITS.

Ofusaputra, B. (2018). Analisis pengaruh hujan terhadap proyek di Kota Bandung [Skripsi]. Universitas Katolik Parahyangan.

Oglesby. Dkk. 1989. Productivity Improvement in construction. New York: McGraw-Hill Book Company.

Olomolaiye, P.O., Jayawardane, A.K.W. and Harris, F.C. (1998). Construction Productivity Management, Prentice Hall. Yogyakarta: Mediakom.

Priyatno, D. (2010). Paham analisa statistik data dengan SPSS.

Pamuji. (2008). Pengukuran Produktivitas Pekerja Sebagai Dasar Perhitungan Upah. Kerja Pada Anggaran Biaya (Studi Kasus) [Skripsi]. Universitas Sumatera Utara

Undang-Undang No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

Soeharto, I. (1989). Manajemen Proyek : Dari Konseptual Sampai Operasional. Jilid 1. Jakarta : Erlangga.

Sumarningsih, T. (2014). Pengaruh Kerja Lembur pada Produktivitas Tenaga Kerja Konstruksi. Media Komunikasi Teknik Sipil, 20(1), 63-69.

Yodie Hernandi, Jane S. Tamtana, 2020. Faktor-Faktor Yang Paling Mempengaruhi Produktivitas Pekerja Pada Pelaksanaan Konstruksi Bertingkat [Skripsi]. Universitas Tarumanagara Jakarta.

Published

2021-09-30

How to Cite

Damayanti, Y. A., & Sitompul, M. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produktivitas Tenaga Kerja pada Proyek Pembangunan Jalan Tol Ruas Binjai-Langsa Seksi Binjai-Pangkalan Brandan. Jurnal Rekayasa Konstruksi Mekanika Sipil (JRKMS), 4(2), 153–163. Retrieved from http://ejournal.ust.ac.id/index.php/JRKMS/article/view/1386

Issue

Section

Artikel