Analisis Biaya dan Waktu pada Proyek Apartemen Dengan Metode Earned Value Concept

Authors

  • Alief Castollani Alumni Program Studi Teknik Sipil, Universitas Bung Karno
  • Sarjono Puro Program Studi Teknik Sipil, Universitas Bung Karno

Keywords:

konsep nilai hasil (earned value), planned value, actual cost

Abstract

Merencanakan serta menganalisis pengendalian waktu dan biaya proyek dalam bentuk struktur kegiatan dan anggaran merupakan suatu tugas pokok yang pertama kali harus dilakukan dalam pelaksanaan proyek. Tujuan penelitian membandingkan kinerja proyek dengan rencana awal proyek dan mengetahui estimasi waktu dan biaya yang dibutuhkan untuk mengetahui kinerja proyek, dan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proyek dan serta biaya atas pekerjaan tersisa. Konsep Nilai Hasil (Earned Value Concept) adalah konsep menghitung besarnya biaya yang memuat anggaran sesuai dengan kegiatan yang telah diselesaikan sehingga dapat menunjukkan prestasi kegiatan. Konsep ini dapat memperkirakan keadaan masa depan proyek. Terdapat tiga indikator dasar yang menjadi acuan proyek dalam menerapkan Earned Value Concept. Metode yang digunakan kuantitatif yang di deskirpsikan untuk menjelaskan keadaan, kondisi atau hal – hal lain yang yang hasilnya dipaparkan dalam hasil penelitian. Object Proyek penelitian adalah Pembangunana Apartemen 31 Lantai dengan nominal RAB Rp 328.846.028.120, Perhitungan konstruksi Bangunan serta Analisa atas Rincaian Anggaran Biaya tidak dilakukan. Hasil Analisa proyek tersebut memiliki masalah cash flow dengan kondisi BCWP < ACWP akibat terlalu besarnya pengeluaran, kinerja proyek tidak sesuai dengan perencanaan dengan index CPI < 1 atau sebesar 0,861, pelaksanaan pekerjaaan mengalami keterlambatan dari jadwal pekerjaan yang direncanakan dengan index SPI < 1, dan untuk perkiraan biaya atas pekerjaan yang tersisa (ETC) adalah Rp.317.277.175.424, dan Untuk perkiraan estimasi waktu penyelesaian proyek (TE) yaitu selama 200 minggu.

References

Asnuddin, S., Tjakra, J., & Sibi, M. (2018). Penerapan Manajemen Konstruksi Pada Tahap Controlling Proyek.(Studi Kasus: Bangunan Laboratorium Fakultas Teknik Universitas Sam Ratulangi Manado). Jurnal Sipil Statik, 6(11).

Bulo, M. L., Balaka, R., & Sriyani, R. (2013). Pengaplikasian Metode Earned Value Pada Pengendalian Waktu Terhadap Biaya (Study Kasus: Proyek Penggantian Jembatan Sungai Langkolome Cs Kabupaten Muna). Stabilita || Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, 1(3), 359–372.

Juliana, J. (2016). Analisa Pengendalian Biaya Dan Waktu Pada Proyek Konstruksi Dengan Metode Earned Value Management (EVM). Faktor Exacta, 9(3), 257–265.

Maromi, M. I., & Indryani, R. (2015). Metode Earned Value untuk Analisa Kinerja Biaya dan Waktu Pelaksanaan pada Proyek Pembangunan Condotel De Vasa Surabaya. Jurnal Teknik ITS, 4(1), D54–D59.

Munggaran, G. (2018). Menata Strategi Penekanan Biaya Pada Proyek Konstruksi. Prosiding Seminar Dosen Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Tahun 2018. Jakarta: Universitas Indraprasta PGRI.

Nurtsani, R. A., Septiadi, D. R., & Suharyanto. (2018). Pengendalian Biaya Dan Waktu Proyek Dengan Metode Konsep Nilai Hasil (Earned Value). Jurnal Karya Teknik Sipil, 6(4).

Pancaningrum, E., Hartono, W., & Sugiyarto, S. (2018). Pengendalian Biaya Dan Waktu Dengan Menerapkan Metode Earned Value Analysis (Eva) Menggunakan Software Microsoft Project 2007 (Studi Kasus Di Proyek Pembangunan Hotel Brothers 2 Solo Baru, Sukoharjo). Matriks Teknik Sipil, 6(1).

Pratiwi, R. E., Muharam, H., & Pengestuti, I. D. (2013). Analisis Pengaruh Cost Management Terhadap Efisiensi pada Proyek Konstruksi Studi pada Perusahaan PT. Adhi Karya (Persero) Tbk. (Universitas Diponegoro). diakses dari http://eprints.undip.ac.id/48200/

Rani, H. A., & Fuadi, Z. (2016). Efisiensi Dan Efektivitas Pelaksanaan Struktur Kolom Antara Metode Precast Dengan Konvensional. Jurnal Teknik Sipil, 5(3), 269–278.

Sudipta, I. G. K. (2013). Studi Manajemen Proyek Terhadap Sumber Daya Pada Pelaksanaan Proyek Konstruksi (Studi Kasus: Pembangunan Villa Bali Air). Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, 17(1). Wahyuni, E., & Hendrawan, B. (2018). Analisis Kinerja Proyek “Y†menggunakan Metode Earned Value Management (Studi Kasus di PT Asian Sealand Engineering). Journal of Applied Business Administration, 2(1), 60–78.

Witjaksana, B., & Reresi, S. P. (2012). Analisis Biaya Proyek Dengan Metode Earned Value Dalam Proses Kinerja (Studi Kasus Pada Proyek Pembangunan Universitas Katholik Widya Mandala Pakuwon Citi-Surabaya). Extrapolasi: Jurnal Teknik Sipil, 5(02).

Published

2020-04-30