Web Quality Evaluation Penerapan Model View Controller Design Pattern pada Pengembangan Sistem Informasi SMK Negeri 1 Sipispis

Authors

DOI:

https://doi.org/10.54367/jtiust.v6i2.1523

Abstract

Penyebaran informasi SMK Negeri 1 Sipispis saat ini, masih bersifat manual atau masih bersifat surat dan menggunakan papan pengumuman dalam penyampaian informasi. SMKN 1 Sipispis membutuhkan media informasi yang cepat, tepat tanpa harus mengunjungi sekolah dan dapat diakses secara online oleh publik, siswa untuk mendapatkan informasi yang cepat dan akurat. Penelitian ini bertujuan membuat sebuah sarana informasi yang berbasis website dan sekaligus sebagai media alternatif bagi sekolah SMK Negeri 1 Sipispis dalam menyampaikan informasi, berita, dan pengumuman sehingga masyarakat umum dan para siswa dapat dengan mudah memperoleh informasi secara cepat. Model waterfall digunakan pada tahap pengembangan sistem sebagai kerangka dalam menganalisis data dan informasi yang didapat dari sekolah yang kemudian merancang, membangun website sistem informasi sekolah. Sistem ini dibangun menggunakan bahasa pemograman PHP dengan pendekatan pola desain program berbasis Model-View-Controller (MVC) dan sistem basis data MySQL. Perancangan website ini dibangun berdasarkan hasil analisis dan berbagai referensi yang diperoleh dan kemudian diuji. Pengujian dilakukan dengan cara uji Web Quality Evaluation Method dan diperoleh persentasi nilai pengujian sebesar 84,45 %. Setelah melewati tahap uji diperoleh sebuah hasil berupa media informasi beripa sistem informasi berbasis website yang dapat membantu sekolah untuk menyampaikan informasi. Peneliti menyimpulkan bahwa dengan merancang dan menbangun Sistem Informasi SMK Negeri 1 Sipispis berbasis website ini dapat mempermudah sekolah dalam menyampaikan informasi dengan cepat dan tepat

Author Biographies

Doni El Rezen Purba, FIKOM, Universitas Katolik Santo Thomas

<br data-mce-bogus="1">

Zekson Arizona Matondang, FIKOM, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

<br data-mce-bogus="1">

References

F. Jamil, Peranan Komputer Dalam Dunia Pendidikan, 2019, doi: 10.31227/osf.io/t4jdg.

D. E. R. Purba, “Penyimpanan Digital dan Dokumen Online Berbasis Teknologi Informasi untuk Mendukung Kegiatan Administrasi Pemerintahan Desa Baja Dolok Kecamatan Sipispis”, ULEAD, vol. 1, no. 1, pp. 33–37, Jul. 2021.

P. D. P. Silitonga and D. E. R. Purba, Implementasi System Development Life Cycle Pada Rancang Bangun Sistem Pendaftaran Pasien Berbasis Web, vol. 5, no. 2, 2021.

S. Rahayu and E. I. Helmalia, Perancangan Aplikasi Nilai Siswa Berbasis Web Di Sekolah Menengah Kejuruan Islam Atturmudziyyah Garut, J. Algoritm., vol. 14, no. 2, pp. 529–537, 2015, doi: 10.33364/algoritma/v.14-2.529.

T. N. Sari, Analisis Kualitas Dan Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Menggunakan Standard Iso 9126, JIKO (Jurnal Inform. dan Komputer), vol. 1, no. 1, pp. 1–7, 2016, doi: 10.26798/jiko.2016.v1i1.15.

A. Ghofur and M., Perancangan Dan Implementasi Sistem Informasi Target Pertolongan Persalinan Mahasiswa Kebidanan Universitas Ibrahimy Dalam Praktik Klinik Kebidanan, NJCA (Nusantara Journal of Computers and Its Applications), vol. 3, no. 2. 2018, doi: 10.36564/njca.v3i2.59.

Downloads

Published

2021-12-02

Issue

Section

Artikel