Sistem Pakar Deteksi Penyakit Tanaman Jeruk yang disebabkan oleh Bakteri

Authors

  • Lena Elfianty Universitas Dehasen Bengkulu
  • Jusuf Wahyudi Universitas Dehasen Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.54367/jtiust.v6i2.1546

Keywords:

Sistem Pakar, Penyakit Tanaman Jeruk, Bakteri

Abstract

Sistem Pakar yang dibangun dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja bertujuan untuk meningkatkan kinerja dalam proses identifikasi suatu penyakit. Kegunaan identifikasi terhadap suatu penyakit sebagai pengganti keberadaan seorang pakar yang dapat saja pada waktu dibutuhkan, sedang tidak ada di tempat atau berhalangan. Sehingga sebuah program komputer yang berfungsi sebagai aplikasi yang mampu menggantikan tugas seorang pakar dapat mewakilinya. Tentunya pengetahuan yang dipakai dalam pembuatan program ini merujuk dari pengetahuan pakar dalam proses pembuatannya. Tanaman jeruk, bagi petani yang bergantung pencahariannya melalui budidaya tanaman jeruk sudah tentu sangat terpengaruh oleh penyakit yang berjangkit pada tanamannya. Sehingga sangat diperlukan keberadaan program aplikasi yang dapat membantu mendeteksi kepastian penyakit pada tanaman jeruk dengan menyebutkan ciri-ciri yang muncul pada akar, batang, daun maupun buah jeruk. Dalam hal ini terlihat jelas betapa diperlukannya pengetahuan yang dimiliki pakar untuk membantu melakukan identifakasi terhadap tanda-tanda penyakit yang terlihat pada tanaman jeruk. Alat bantu berupa program aplikasi sistem pakar yang mampu mendeteksi kepastian penyakit dan cara penanggulangannya yang dibangun bersifat program sistem cerdas yang telah banyak diketahui merupakan cabang dari ilmu kecerdasan buatan. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan sistem dengan sumber data yang dikumpulkan melalui konsultasi dengan pakar yang direkomendasi oleh Dinas Pertanian Provinsi Bengkulu melalui Balai Proteksi Tanaman Pangan dan Hortikultura (BPTPH) Bengkulu. Dalam pengenalan dan implementasi dari program aplikasi deteksi penyakit tanaman jeruk yang disebabkan oleh bakteri menunjukkan perubahan membaik bagi para petani yang telah melakukan uji coba terhadap program yang telah dibangun. Meskipun perlu banyak perbaikan pada beberapa fitur dan tanda-tanda yang timbul pada tanaman jeruk yang terjangkiti oeh penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Oleh sebab itu, program aplikasi ini terus menerus dilakukan upaya perbaikan dan penambahan data gejala-gejala penyakit serta penanggulanggannya agar program ini dapat terus dipakai oleh petani yang membutuhkannya.

Author Biography

Lena Elfianty, Universitas Dehasen Bengkulu

<br data-mce-bogus="1">

References

Arahmi, M., 2004. Konsep Dasar Sistem Pakar: Penerbit : Andi, Yogyakarta, 199 halaman.

Dahria, M., 2011. Pengembangan Sistem Pakar Dalam Membangun Suatu Aplikasi. Jurnal : Saintikom, 10(3), 2011, 199-205.

Susanto, C., 2015. Aplikasi Sistem Pakar Untuk Gangguan Mental Pada Anak Dengan Metode Certainty Factor. Jurnal : Pekomnas, 18(1), 2015, 27-36.

Setiawan, A.F., Wahidah, R. N., 2016. Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Tanaman Kedelai Menggunakan Metode Forward Chainning Berbasis Web. Jurnal : Antivirus, 10(2), 2016, 78-90.

Gozzal, R.M., Indarti, D., 2017. Aplikasi Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pencernaan Balita Dengan Metode Forward Chaining Berbasis Android. Jurnal: Ilmiah Informatika Komputer, 22(3), 2017, 180-190.

Fathushahib, Marselia, M., 2018. Perancangan Sistem Pakar Untuk Diagnosis Penyakit Ginjal Dengan Metode Certainty Factor dan Forward Chaining. Jurnal Sistem Cerdas, 2018, 1(2), 37-46.

Handoko, A.R., 2019. Perancangan Sistem Pakar Analisa Transaksi Keuangan Mencurigakan Menggunakan Forward Chainning. Jurnal : Simetris, 10(2), 2019, 701-712.

Wijaya, Y., 2019. Sistem Pakar Kerusakan Hardware Komputer Dengan Metode Backward Chainning Berbasis Web. Jurnal Media Elektrika, 2019, 12(2), 99-107.

Wisky, I.A., Akhiyar, D., 2019. Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Tulang Berbasis Web Menggunakan Metode Forward Chaining. Jurnal : Sains dan Teknologi, 19(1), 2019, 46-50.

Tambak, R.R,, Purnama, I., Hasibuan, E.R., 2021. Sistem Pakar Untuk Mendiagnosis Penyakit Tuberculosis Menggunakan Metode Bayes Pada Puskesmas Petumbukan. Jurnal : Teknik Informatika Unika St. Thomas (JTIUST), 6(1), 2021, 45-52.

Downloads

Published

2021-12-03

Issue

Section

Artikel