Penerapan Algoritma Simple Additive Weighting (SAW) dalam Pemilihan Perumahan

Authors

  • Jijim Saepudin Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Iwan Rizal Setiawan Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Asriyanik Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Keywords:

decision support system, Simple Additive Weighting, residential housing selection, PHP, MySQL

Abstract

Perumahan merupakan suatu kebutuhan dasar manusia dalam melangsungkan hidup sehari – hari, yang tidak dapat dilihat sebagai sarana kebutuhan semata – mata tetapi lebih dari pada itu perumahan juga menciptakan ruang kehidupan untuk bermasyarakat. Dalam perkembangan jaman dan pertumbuhan ekonomi serta kesibukan masing – masing setiap manusia dalam denia kerja, dan begitujuga dengan pertumbuhan penduduk semakin meningkat dari setiap tahunnya. Maka dari itu masyarakat harus membeli rumah yang sudah di siapkan oleh pihak lain dan tidak memperhatikan kriteria yang dibutuhkan sehingga mengakibtakan ketidak nyamanan dalam memilih rumah tinggal yang tidak sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan. Maka dari itu kriteria yang digunakan dalam memilih perumahan berupa kriteria uang muka, ukuran tanah, harga perumahan, KPR, dan kepadan penduduk. Maka dibuat sistem pendudkung yang dirancang menggunakan bahasa pemerograman AHP dan MYSQL sebagia olah datanya Sistem pendukung keputusan merupakan sebuah sistem yang dapat membantu seseorang dalam mengambil sebuah keputusan dan tidak untuk mengantikan peran dalam mengambil keputusan. Metode yang digunakan yaitu Simple Additive Weighting untuk mencari penjumlahan terbobot pada rating kinerja setiap alternatif dari semu atribut kemudian dilakukan perangkingan untuk menentukan nilai terbaik.

References

Sutaman miru ahmadi dan yodo. Miru Ahmadi dan Yodo Sutarman. Hukum Perlindungan Konsumen, Jakarta, Raja Gratindo Persada, hlm 1 1. 1999:1–28.

Sunarti. Perbandingan Metode TOPSIS dan SAW Untuk Pemilihan Rumah Tinggal. J Inf Syst. 2018;3(1):69–79. https://publikasi.dinus.ac.id/index.php/joins/article/view/1883/1289.

Pujatama D. Implementasi Algoritma SAW ( Simple Additive Weighting ) Untuk Mendukung Keputusan Penerimaan Beasiswa Ppa Pada Universitas Dian. 2014.

Asriadi A, Pamudjianto A. Konsep Perumahan Sehat Berwawasan Lingkungan ( siberling ) pada zona aliran sungai. 2018;(1). doi:10.31227/osf.io/dszcp

Limbong, T., Muttaqin, M., Iskandar, A., Windarto, A. P., Simarmata, J., Mesran, M., ... & Wanto, A. (2020). Sistem Pendukung Keputusan: Metode & Implementasi. Yayasan Kita Menulis.

Simarmata, J., Limbong, T., Aritonang, M., & Sriadhi, S. (2018). Sistem pendukung keputusan pemilihan guru bidang studi komputer menggunakan metode simple additive weighting (saw). CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science), 3(2), 186-190.

Downloads

Published

2022-12-22

Issue

Section

Artikel