Penerapan Metode Naive Bayes Untuk Penilaian Ujian Kenaikan Tingkat Olahraga Karate

Authors

  • Rizky Kausar Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Asep Budiman Kusdinar Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Iwan Rizal Setiawan Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Keywords:

Karate, Naive Bayes, Penilaian

Abstract

Karate merupakan olahraga bela diri dengan gerakan gabungan tangan dan kaki yang digerakan secara berurutan. Dalam olahraga ini ada ujian kenaikan tingkat dimana ujian ini terdapat beberapa tingkatan. Dalam proses penilaiannya menggunakan proses perhitungan dengan formulir kertas yang konvensional, sehingga memakan waktu perhitungan yang kurang akurat. Penelitian ini dilakukan untuk membantu mengklasifikasikan penilian dan penentuan lulus tidak nya hasil dari ujian yang telah di nilai oleh panitia. Dengan menggunakan metode Naive Bayes. Metode Naive Bayes ini digunakan dalam mengklasifikasikan perhitungan nilai yang kurang akurat dalam hasil yang diperoleh. Dimana proses perhitungannya adalah probabilitas teorema bayesian dengan asumsi bahwa setiap variabel atau parameter penentuan yang bersifat bebas sehingga keberadaan setiap variabel tidak ada kaitannya dengan keberadaan atribut yang lain. Metode ini juga terbukti memiliki akurasi dan kecepatan yang tinggi saat diaplikasikan kedalam database dengan data yang besar. Hasil penelitian ini menghasilkan website yang dapat membantu penilaian ujian kenaikan tingkat sabuk karate dengan mengklasifikasikan hasil penilian ujian dimana didapatkan dengan hasil nilai P(C0|X) = 0,008288 sedangkan nilai  P(C1|X) = 0,18414. Berdasarkan nilai tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa P(C0|X) < P(C1|X). maka data uji tersebut diklasifikasikan kedalam kelas Rekomendasi Ya untuk penilaian ujian kenaikan tingkat sabuk karate.

References

A. M. Tyas R and I. A. Sulasiyah, “Implementasi Algoritma Naïve Bayes Dalam Penentuan Rating Buku,” Sistemasi, vol. 9, no. 3, p. 557, 2020, doi: 10.32520/stmsi.v9i3.915.

A. Sumarni, “Implementasi Algoritma Naive Bayes Classifier Untuk Klasifikasi Penerima Beasiswa PPA Di Universitas Amikom Yogyakarta,” J. Mantik Penusa, vol. 22, no. 1, pp. 11–16, 2018, [Online]. Available: http://e-jurnal.pelitanusantara.ac.id/index.php/mantik/article/view/342.

N. Y. Septian, “Data Mining Menggunakan Algoritma Naïve Bayes Untuk Klasifikasi Kelulusan Mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro,” J. Semant. 2013, pp. 1–11, 2019.

Osman Nur Matutu, “KONTRIBUSI KECEPATAN REAKSI TANGAN DAN KETEPATAN TERHADAP KEMAMPUAN PUKULAN GIAKU TSUKI PADA CABANG OLAHRAGA KARATE INKADO DI RANTING KOTA MAKASSAR,” E- J. Olahraga Karate, vol. 506, no. 2, 2019.

A. Hasrun, “Teknik Dasar Gerakan Karate Di International Black Panther Karate Indonesia Berbasis,” J. Saintek, pp. 1–78, 2018.

A. Kamal, “Website Bandung Karate Club,” Bandung karate club, 2019. http://bandung-karate-club.blogspot.com/p/sejarah-bkc.html (accessed Feb. 06, 2022).

Downloads

Published

2022-12-09

Issue

Section

Artikel