Penerapan Metode Weight Product (WP) Pada Perancangan Perangkat Lunak Sistem Pendukung Keputusan (Studi Kasus : Seleksi Penerimaan Calon Karyawan BPJS Kesehatan Kabupaten Batubara)

Authors

  • Bersama Sinuraya Universitas Mandiri Bina Prestasi
  • Romanus Damanik FIKOM, Universitas Katolik Santo Thomas

Keywords:

SPK, WP, Seleksi, Karyawan

Abstract

Dalam proses seleksi calon karyawan maka calon karyawan mengikuti serangkaian tes untuk mengetahui kemampuan dan pribadi calon karyawan serta mendapatkan skor dari hasil tes. kemudian skor ditulis di  lembar jawaban calon karyawan dan  disimpan dalam bentuk berkas. Masalah terjadi ketika bagian SDM (Sumber daya manusia) melakukan penyeleksian calon karyawan Hal  ini  juga    akan menyebabkan  kejenuhan  karena  berkas  yang  dianalisis  cukup  banyak, Secara  tidak  langsung  hal  ini menyebabkan keputusan yang akan dibuat tidak membuahkan hasil yang maksimal. Untuk mengatasi hal diatas perlu  suatu penerapan  metode  pengambilan keputusan berbasis komputer yang mengolah data calon karyawan untuk mendapatkan keputusan sesuai dengan yang diharapkan, metode yang dipilih dalam penelitian ini adalah WP (Weighted product)

References

Hermawan, Julius, 2005, Membangun Decision Support System, Andi, Yogyakarta

Ismail,Nurjaya Fakultas Teknik Universitas Pamulang, 2016, Seleksi Penerimaan Karyawan Baru Menggunakan Metode Wp(Weighted Product) Dengan Bahasa Pemrograman Php & Mysql

Abdullah, Vicky Ridwan, 2012, Pengertian Penelitian Deskriptif. Medan: Sofmedia.

Djajasudarma, Fatimah. T. Hj, 1999, Penalaran Deduktif-Induktif Dalam Wacana Bahasa Indonesia. Bandung.

Downloads

Published

2023-01-13

Issue

Section

Artikel