Aplikasi Absensi Berbasis Android Studi Kasus Universitas Katolik Santo Thomas dengan Metode Lock GPS

Authors

  • Lamhot Sitorus FIKOM, Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Vitren Silitonga FIKOM, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Keywords:

Absensi Perkuliahan, Lock GPS, Android, Waterfall

Abstract

Sistem absensi merupakan syarat mutlak kehadiran dalam berbagai kegiatan. Di Universitas Katolik Santo Thomas, absensi menjadi masukan untuk dosen dan bagian administrasi serta menjadi salah satu parameter penilaian kinerja kehadiran individu. Dan untuk absensi dosen sampai saat ini belum ada diterapkan sehingga disiplin dosen dalam kehadiran tidak dapat diketahui, sedangan untuk pengawai Universitas Khatolik Santo Thomas saat ini sudah menggunakan fingerprint namun dalam proses pelaksanaan absensi juga dinilai masih kurang efektif dikarenakan alat fingerprint hanya ada satu buah serta dapat membuat antrian sehingga pegawai yang datang tepat waktu bisa menjadi terlambat dikarenakan antrian absensi. Dengan menggunakan smartphone yang mempunyai Global Positioning System (GPS) maka para pegawai tidak perlu datang ke lokasi tempat fingerprint untuk melakukan absensi melainkan pegawai dapat melakukan absensi di di wilayah kerja masing masing dengan radius yang telah ditentukan, dan untuk mahasiswa dikarenakan jam dan kelas yang dipakai selalu berpindah pindah maka dalam aplikasi ini juga akan menggunakan fitur kamera. Pembuatan Aplikasi menggunakan android studio dan bahasa java dengan metode pengembangan waterfall mencakup kegiatan Requirement, Design, Implementation, Verification dan Maintenance. Desain sistem menggunakan pemodelan berorientasi objek yaitu Unified Modeling Language (UML).

Author Biography

Vitren Silitonga, FIKOM, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Dosen

References

Barri. (2015). Perancangan Aplikasi Sms Gateway Untuk Pembuatan Kartu Perpustakaan Di Fakultas Teknik Unsrat. Jurnal Teknik Elektro Dan Komputer,4(1),23–28. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/elekdankom/article/view/6522/6046

Ceryna Dewi, N. K., Anandita, I. B. G., Atmaja, K. J., & Aditama, P. W. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Mobile Siska Berbasis Android. SINTECH (Science and Information Technology) Journal, 1(2), 100–107. https://doi.org/10.31598/sintechjournal.v2i1.291.

dickson, 2020. Pengertian Barcode dan Jenis-jenis Barcode. [Online]

Available at: https://produksielektronik.com/pengertian-barcode-jenis-jenis-barcode/ [Accessed 11 januari 2022].

Endah Puspitarini, Roudhotul Hanifa, & Faridatun Nadziroh. (2020). Rancang Bangun Aplikasi Absensi Mahasiswa Pada Platform Android. JoTI, 2(2), 58–66. https://doi.org/10.37802/joti.v2i2.114.

feno, S., & Devi, R. E. C. (2017). Implementasi Global Positioning System (GPS) dan Location Based Service (LSB) pada Sistem Informasi Kereta Api untuk Wilayah Jabodetabek. Sisfotek Global, 7(2), 27–33. https://journal.stmikglobal.ac.id/index.php/sisfotek/article/view/146.

Haryadi, A. (2016). Perancangan Sistem Identifikasi Barcode Untuk Deteksi ID Produk Menggunakan Webcam. Teknologi, 1(Maret), 1–5.

Risiko, A., Proses, P., & Pabrik, P. (2021). Jurnal Comasie Jurnal Comasie. 4.

Lararenjana, E., 2021. Fungsi GPS pada Kendaraan dan Cara Kerjanya, Bantu Tunjukkan Lokasi Tujuan. [Online]

Available at: https://www.merdeka.com/jatim/fungsi-gps-pada-kendaraan-dan-cara-kerjanya-bantu-tunjukkan-lokasi-tujuan-kln.htm

[Accessed 7 desember 2021].

Putra, 2019. PENGERTIAN ANDROID: Sejarah, Kelebihan & Versi Sistem Operasi. Online] Available at: https://salamadian.com/pengertian-android/

[Accessed 7 desember 2021].

Setiawan, P., 2021. Pengertian Absensi – Jenis, Tujuan, Efektivitas, Sidik Jari, Catatan Tangan, Almano, Teknologi. [Online] Available at: https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-absensi/ [Accessed 7 desember 2021].

Widarma, A., & Kumala, H. (2018). PERANCANGAN APLIKASI GAJI KARYAWAN PADA PT. PP LONDON SUMATRA INDONESIA Tbk. GUNUNG MALAYU ESTATE - KABUPATEN ASAHAN. Jurnal Teknologi Informasi, 1(2), 166. https://doi.org/10.36294/jurti.v1i2.303

Downloads

Published

2023-02-15

Issue

Section

Artikel