Sistem Informasi Geografis Pencarian Jarak Kos Terdekat dengan Unisbank Semarang Menggunakan Haversine

Authors

  • Almadea Putri Unisbank Semarang
  • Dwi Agus Diartono Unisbank Semarang

Keywords:

SIG, Havrsine, Kos, Unisbank Semarang

Abstract

Banyak faktor yang harus dipertimbangkan mahasiswa dalam pencarian tempat kos sesuai dengan keinginan sehingga menjadikan pencarian kos sesuai dengan keinginan menjadi hal yang sulit. Faktor-faktor yang mempengaruhi mahasiswa dalam memilih tempat kos diantaranya  harga sewa dari tempat kos itu sendiri untuk per bulan atau per tahun, jarak dari rumah kos dan luas kamar sehingga dibutuhkan sistem informasi geografis menggunakan metode haversine. Penelitian ini bertujuan untuk membuat membuat sistem informasi geografis berbasis web yang dapat menyediakan informasi lokasi dan jarak kos disekitar Unisbank Semarang.Hasil perhitungan pada SIG pencarian kos dengan metode haversine dengan perhitungan manual menggunakan metode Harversine didapatkan hasil yang sama.

References

E. Prahasta, Sistem Informasi Geografis Konsep Konsep Dasar (Prespektif Geodesi & Geomatika), Bandung: Informatika, 2014.

F. Ricci, L. Rokach and B. Shapira, "Introduction to Recommender Systems Handboo," Springer, pp. 1-35, 2011.

Farid and Y. Yunus, "Analisa Algoritma Haversine Formula Untuk Pencarian Lokasi Terdekat Rumah Sakit Dan Puskesmas Provinsi Gorontalo," Ilkom, vol. II, no. 3, pp. 353-355, 2017.

I. H. Amin and Wahyudiono, "Implementasi Metode Haversine Untuk Pencarian Optical Distribution Point," Dinamika Informatika, vol. XIII, no. 1, pp. 28-35, 2021.

I. H. Amin, V. Lusiana and B. Hartono, "Visualisasi Pencarian Lintasan Terpendek Algoritma Floyd-Warshall Dan Dijkstra Menggunakan Tex," Prosiding Sintak, pp. 17-23, 2017.

R. Pressman, Rekayasa Perangkat Lunak : Pendekatan Praktisi (Buku Satu), Yogyakarta: Andi, 2012.

Munawar, Analisis Perancangan Sistem Berorientasi Objek dengan UML (Unified Modeling Language), Bandung: Informatika, 2018.

R. Abdulloh, 7 in 1 Pemrograman Web untuk Pemula, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2018.

B. Nugroho, Database Relasional Dengan MySQL, Yogyakarta: Andi, 2015.

Downloads

Published

2023-05-27

Issue

Section

Artikel