Membangun Private Cloud Menggunakan System Center Virtual Machine Manager 2008 R2

Authors

  • Andy Paul Harianja Universitas Katolik Santo Thomas SU
  • Heri Resna Sembiring UNIKA Santo Thomas SU

DOI:

https://doi.org/10.17605/jti.v1i2.30

Abstract

Abstrak Cloud computing adalah suatu paradigma yang semakin populer dibicarakan dalam hal mengakses sumber daya komputasi dari datacenter suatu organisasi atau perusahaan dalam aktivitas produksi sehari-hari. Hal ini dapat dimaklumi bila dilihat dari dampak serta keuntungan yang ditawarkan jika sistem ini diadopsi didalam aktivitas bisnis suatu perusahaan. Paper ini akan membahas mengenai Private cloud dimana merupakan salah satu bagian dari penyebaran Cloud computing yang disediakan untuk memenuhi kebutuhan sumber daya IT di lingkungan internal suatu organisasi atau perusahaan dengan model infrastruktur sebagai layanan atau yang lebih dikenal dengan istilah Infrastructure as a Service (IaaS). Tujuan ahir dari penelitian ini adalah membangun Private cloud dengan model Infrastructure as a Service (IaaS) menggunakan teknologi Microsoft yaitu System Center Virtual Machine Manager (SCVMM) 2008 R2.

Author Biographies

Andy Paul Harianja, Universitas Katolik Santo Thomas SU

Dosen

Heri Resna Sembiring, UNIKA Santo Thomas SU

Mahasiswa

References

Mell, Peter, and Grance, Timothy, 2011, The NIST Definition of Cloud Computing, Gaithersburg, USA, National Institute of Standards and Technology.

Tulloch, Mitch, and Microsoft Virtualization Teams, 2010, Understanding Microsoft Virtualization Solutions from the Desktop to the Datacenter, Redmond, Washington, United Stated of America, Microsoft Press, A Division of Microsoft Corporation.

Budiyanto, Alex, 2012, Apa Itu Cloud Computing?, diakses pada 12 Agustus 2012 dari http://www.cloudindonesia.or.id/apa-itu-cloud-computing.html.

Bhardwaj, Sushil, Jain, Leena, and Jain Sandeep, 2010, CLOUD COMPUTING: A STUDY OF INFRASTRUCTURE AS A SERVICE (IAAS), India, Waves Publishers.

Loeffler, Bill, 2011, Private Cloud Reference Model, diakses pada 12 Agustus 2012 dari http://social.technet.microsoft.com/wiki/contents/articles/4399.private-cloud-reference-model.aspx.

Published

2016-12-18

Issue

Section

Artikel