IMPLEMENTASI PENUKARAN UANG RUPIAH DENGAN MENGGUNAKAN ALGORTIMA GREEDY

Authors

  • Pujiati Br. Sitepu Filkom, Universitas Katolik Santo Thomas
  • Andy Paul Harianja Filkom, Universitas Katolik Santo Thomas

DOI:

https://doi.org/10.17605/jti.v3i2.302

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini semakin mempermudah setiap penggunanya dalam mengakses maupun mempercepat pekerjaan dengan sistem Aplikasi yang diciptakan. Aplikasi inilah memberikan kemudahan kepada pengguna dalam mengerjakan pekerjaan dengan cepat dan mudah. Terutama sistem untuk penukaran uang menjadi pecahan melalui proses optimasi. Pada penelitian ini dibangun suatu sistem penerapan algoritma greedy untuk penukaran uang rupiah. Aplikasi yang dihasilkan memberikan kemudahan dalam penukaran uang rupiah menjadi pecahan. Khususnya dapat mempermudah pekerjaan dalam dunia perbankan untuk menukarkan uang nasabahnya dengan mengambil hasil yang paling optimal.

Author Biographies

Pujiati Br. Sitepu, Filkom, Universitas Katolik Santo Thomas

Dosen Tetap UNIKA Santo Thomas

Andy Paul Harianja, Filkom, Universitas Katolik Santo Thomas

Dosen Tetap UNIKA Santo Thomas

References

Aditya, Krisna, Bayu. 2012. macam-macam uang logam Indonesia, (http://anginskk.blogspot.com/2012/04/ macam-macam uang logam Indonesia.html, diakses Akses Agustus 2013).

Awalet, Fabiola, A., Haerunisa, Aliah., S, Sarlina, Anggun.Daswan, Nirwana., Indriani, Selpadina., Aldillah, Aisyah, Siti. 2013. Algoritma dan Hubungannya dengan Pemograman. Makassar : Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan alam Universitas Hasanuddin.

Dwi Prasetyo. Didik. 2004. Solusi Pemrograman Berbasis Web Menggunakan PHP 5. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Munawaroh, Siti. Juli 2012. Sistem Informasi Pemotongan Kayu menggunakan Algoritma Greedy, (http://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti1/article/view/1616/0, diakses juli 2013).

Munir, Rinaldi, Ir, M.Kom. 2004. Strategi Algoritmik : Algoritma Greedy. Bandung : Departemen Teknik Informatika Institut Teknologi Bandung.

Solichin, Achmad, S.Kom, Pemograman Web dengan PHP dan MySQL. Jakarta: universitas budi luhur.

Ni'amillah, Zufar , M. Defenisi Algoritma Greedy dan Contoh Program, (http://topaninfo.blogspot.com/2012/12/Algoritma-GREEDY-Definisi-Contoh-Program.html, diakses juni 2013).

Wahana Komputer. 2006. Seri Panduan Lengkap Menguasai Pemograman Web dengan PHP 5. Yogyakarta: Penerbit Andy.

Published

2019-02-11

Issue

Section

Artikel