Pengaruh Penggunaan Learning Management System (LMS) Terhadap Tingkat Kepuasan Mahasiswa Menggunakan Metode DeLone and McLean

Authors

  • Niken Ayu Larasati Universitas Katolik Musi Charitas Palembang
  • Sri Andayani Universitas Katolik Musi Charitas Palembang

DOI:

https://doi.org/10.17605/jti.v4i1.506

Abstract

Mengukur tingkat kepuasan sangat penting dalam menggunakan suatu sistem guna melihat seberapa relevan kualitas yang diberikan dari sistem tersebut. Sistem pembelajaran pada prodi sistem informasi dan informatika Universitas Katolik Musi Charitas menggunakan sistem pembelajaran berbasis online. Penerapan pembelajaran berbasis online pada prodi sistem informasi dan informatika ini baru berlangsung ±5 bulan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum dilakukannya pengukuran tingkat kepuasan dalam penggunaan e-learning tersebut. Metode yang digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan adalah metode DeLone and McLean. Dari hasil pengolahan data didapatkan bahwa semua kualitas yang diberikan dari e-learning, baik dari segi kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas layanan belum dapat memuaskan mahasiswa sebagai pengguna disebabkan dari berbagai faktor, diantaranya mahasiswa sebagai pengguna merasa tidak nyaman dalam mengakses e-learning, akurasi yang kurang, dan tidak adanya kesegeraan jika terjadi kesalahan dalam penggunaan e-learning.

Author Biographies

Niken Ayu Larasati, Universitas Katolik Musi Charitas Palembang

Universitas Katolik Musi Charitas Palembang

Sri Andayani, Universitas Katolik Musi Charitas Palembang

Universitas Katolik Musi Charitas Palembang

References

Ismartoyo and Y. Haryati, "Pemanfaatan ICT Dalam Pembelajaran Matematika Pada Anak Usia Dini Di Era Digital," 2016.

Bouzabia.R, Boouzabia and B. B. M, "Determinants of E learning Acceptance: An Empirical Syudy in the Tunisian Context," American Journal of Industrial and Business Management, pp. 307-321, 2013.

R. K. Trivedi, N. Mohd and R. Sharma, "Proposed framework for open source based e-learning implementation in Uttarakhand," International Journal of Engineering Research & Technology (IJERT), 2013.

S. J. Dusan Jovanovic, "Extending Dokeos LE for Adaptive E-Learning," The Fourth Confrence on e-Learning , p. 32, 2013.

Sudjana, Metoda Statistika, Bandung, 1986.

Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21, 7st ed., Semarang: Undip, 2013.

L. H. Prasojo and D. Pratomo, "Pengaruh Kualitas Informasi, Kualitas Sistem, dan Kualitas Layanan Aplikasi Rail Ticket System (RTS) Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem (Studi Kasus pada PT. Kereta Api Indonesia (Persero) DAOP 2 Bandung)," vol. II, 2015.

Published

2019-07-18

Issue

Section

Artikel