Analisis Performansi Epidemic Routing dengan Map Based Movement pada Jaringan Bertoleransi Tunda

Authors

  • Vittalis Ayu Universitas Sanata Dharma Yogyakarta

Abstract

Protokol Epidemic merupakan salah satu protokol pada jaringan bertoleransi tunda yang memungkinkan perangkat yang memiliki koneksi yang singkat dan jeda waktu pertemuan dengan node yang besar dapat saling berkomunikasi. Pada jaringan ini, node dapat bergerak secara random ataupun non-random. Penelitian ini mengevaluasi performansi dari Epidemic pada pergerakan non-random yaitu Map based Movement pada simulator ONE (Opportunistik Network Simulator). Performansi yang diukur adalah jumlah pesan yang di-relay dan jumlah pesan yang berhasil sampai ke tujuan. Dari luaran simulasi diperoleh bahwa peningkatan ukuran buffer akan menambah jumlah pesan yang di-relay dan jumlah pesan yang berhasil sampai ke tujuan. Peningkatan waktu TTL (Time to Live) pesan juga akan meningkatkan jumlah pesan di jaringan namun mengurangi jumlah pesan yang berhasil sampai ke tujuan.

Author Biography

Vittalis Ayu, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta

Universitas Sanata Dharma Yogyakarta

References

T. Choksatid, W. Narongkhachavana and S. Prabhavat. 2016 "An efficient spreading Epidemic Routing for Delay-Tolerant Network," 2016 13th IEEE Annual Consumer Communications & Networking Conference (CCNC), Las Vegas, NV, pp.473-476. doi: 10.1109/CCNC.2016.7444825

N. Kawabata, Y. Yamasaki and H. Ohsaki. 2017. "On Message Delivery Delay of Epidemic DTN Routing with Broadcasting ACKs," 2017 IEEE 41st Annual Computer Software and Applications Conference (COMPSAC), Turin, pp. 701-704. doi: 10.1109/COMPSAC.2017.176

Keränen, A. Ott, J. Kärkkäinen, T. 2009. The ONE Simulator for DTN Protocol Evaluation. In Proceedings of the 2nd International Conference on Simulation Tools and Techniques, Rome, Italy.

A. Vahdat, D. Becker. 2000. "Epidemic Routing for Partially-Connected Ad Hoc Networks", Duke Tech Report CS-2000-06.

Tsuru, Masato, Takai, Mineo, Kaneda, Shigeru, Agussalim, dan Aina Tsiory, Rabenirina. 2017. Towards Practical Store-Carry-Forward Networking: Examples and Issues. IEICE Transactions on Communications.

Published

2019-07-18

Issue

Section

Artikel