Sistem Pendukung Keputusan Penempatan Tenaga Kesehatan Bidan Menggunakan Metode Topsis

Authors

  • Alfonsus Situmorang Universitas Methodist Indonesia
  • Sorang Pakpahan Universitas Katolik Santo Thomas

DOI:

https://doi.org/10.17605/jti.v4i2.591

Abstract

Secara formal dalam proses penempatan bidan pekerja biasanya hanya dilihat dari hasil ujian dan beberapa persyaratan administrasi dasar lainnya. Selain ujian dan administrasi, dalam hal posisi dan area penempatan kerja juga perlu memperhatikan kriteria kesetiaan, disiplin, niat, kecerdasan dan kerja sama. Ini berguna untuk mendapatkan tenaga kerja bidan yang sesuai dan pantas, meminimalkan nepotisme oleh para pembuat keputusan. Salah satu metode topis yang dapat digunakan dan implementasi adalah penempatan bidan di daerah tertentu. Dengan penilaian dalam penempatan pekerja bidan, proses penilaian dalam penempatan pekerja bidan dapat dilakukan dengan lebih efektif dan efisien. Penggunaan komputer sebagai sistem pendukung keputusan (DSS) adalah salah satu cara untuk membantu dalam pengambilan keputusan. Melalui hasil SPK, seorang kepala dinas dapat mempertimbangkan dan membuat keputusan yang lebih baik untuk penempatan mutasi pekerja atau bidan di desa

References

M. K. Kusrini and M. Kom, “Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan,†2007.

S. Mahulae and T. Limbong, “Implementasi Metode Simple Additive Weighting dalam Penentuan Guru untuk diusulkan Sertifikasi,†MEANS (Media Inf. Anal. dan Sist., vol. 4, no. 1, pp. 58–63, 2019.

C. Sugyati, D. Fatma Sjoraida, and R. Khairul, “Pemahaman Kebijakan Kesehatan Masyarakat Bidang Ibu dan Anak Pada Pelaksana Lapangan di Jawa Barat,†J. ILMU Pemerintah., vol. 2, p. 52, Jun. 2017.

S. Mallu, “Sistem pendukung keputusan penentuan karyawan kontrak menjadi karyawan tetap menggunakan metode topsis,†J. Ilm. Teknol. dan Inf. Terap., vol. 1, no. 2, pp. 36–42, 2015.

P. A. W. Santiary, P. I. Ciptayani, N. G. A. P. H. Saptarini, and I. K. Swardika, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Lokasi Wisata dengan Metode Topsis,†J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 5, no. 5, p. 621, Oct. 2018.

I. Muzakkir, “Penerapan Metode Topsis untuk Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Keluarga Miskin pada Desa Panca Karsa II,†Ilk. J. Ilm., vol. 9, no. 3, pp. 274–281, 2017.

PERMEN Kesehatan RI No. 6 Tahun 2016, vol. 9, no. 2. 2016, p. 10.

T. N. Sianturi, L. Siburian, R. G. Hutagaol, and S. H. Sahir, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pegawai Bank Terbaik Menggunakan Metode Weighted Aggregated Sum Product Assessment ( WASPAS ),†pp. 625–631, 2018.

Published

2019-12-24

Issue

Section

Artikel