Penerapan Metode Discrete Wavelet Transform (DWT) dan Gaussian Mixture Model (GMM) Sebagai Pengenal Penutur

Authors

  • Jeckson Sidabutar Sekolah Tinggi Sandi Negara - Badan Siber dan Sandi Negara

Abstract

Speaker Recognition adalah cabang dari pengolahan sinyal suara yang mempunyai ciri biometrik. Speaker Recognition dipengaruhi berbagai aspek seperti karakteristik bicara seseorang yang unik dalam bicaranya (tingkat suara karena waktu, kesalahan membaca atau pengucapan kata, kondisi kesehatan, tekanan emosional), bahasa, lingkungan, adanya noise dan lain sebagainya. Sehingga membuat penelitian tentang suara sampai saat ini masih tidak bekerja dengan baik. Penelitian ini membahas dan membangun sistem pengenalan penutur secara otomatis yang akan mengenali dan mengekstraksi kemiripan suara dari masing-masing manusia sehingga kita dapat mengetahui dan mengidentifikasi suara seseorang berdasarkan perbedaan karakteristik suara dari masing-masing manusia. Pada penelitian ini akan dilakukan kajian tentang proses ekstraksi ciri menggunakan metode Discrete Wavelet Transform (DWT) serta pengenalan pola dan clustering menggunakan metode Gaussian Mixture Model (GMM). Hasil percobaan yang telah dilakukan menunjukan sistem dapat bekerja dengan baik berdasakan banyaknya data training penutur, sehigga sistem menghasilkan akurasi di atas 90%. Hal ini dikarenakan pada teknik GMM pengenalan pola suara berdasarkan kemiripan suara yang telah disimpan dalam data training, dan melakukan pencocokan data testing melalui kemiripan ekstraksi suara yang ada pada data training.

Author Biography

Jeckson Sidabutar, Sekolah Tinggi Sandi Negara - Badan Siber dan Sandi Negara

Rekayasa Keamanan Siber

References

Buono, A. (2009) “Representasi Nilai Hos dan Model MFCC sebagai Ekstraksi Ciri pada Sistem Identifikasi Pembicara di Linkungan ber-Noise,†Disertasi FASULKOM UI, hal. 1–209.

Chen, S., Zhao, J. dan Yang, R. (2013) “Imroved Design of DTW and GMM Cascaded Arabic Speaker Verification,†6(2), hal. 39–44.

Kumar, G. S. et al. (2010) “Speaker Recognition Using GMM,†2(6), hal. 2428–2436.

Susilawati, U. (2011) “Penerapan Metode Penggerombolan Berdasarkan GMM dengan Menggunakan Algoritma EM.â€

Yuliantari, R. V., Hidayat, R. dan Wahyunggoro, O. (2016) “Ektraksi Ciri dan Pengenalan Tutur Vokal Bahasa Indonesia Menggunakan Metode Discrete Wavelet Transform (DWT) dan Dynamic Time Warping (DTW) Secara Realtime,†in Prosiding SNST ke-7, hal. 173–178.

Reynolds, Douglas A. (2008). Overview of Automatic Speaker Recognition. MIT Lincoln Laboratory

Reynolds, Douglas A., Quatieri, Thomas F., and Dunn, Robert B. (2000). Speaker Verification Using Adapted Gaussian Mixture Models, Digital Signal Processing 10, 19–41.

Sianipar, RH. (2015). Pemrograman Matlab – 150+ Soal dan Penyelesaian. Penerbit Andi, Yogyakarta.

Published

2020-06-27

Issue

Section

Artikel