Analisa Perancangan Aplikasi Penyandian Pesan Pada Email Menggunakan Algoritma Kriptografi Blowfish

Authors

  • Achmad Fauzi STMIK Kaputama Binjai

DOI:

https://doi.org/10.54367/means.v1i2.13

Abstract

ABSTRAK Teknologi informasi dan komunikasi yang cepat banyak memberikan keuntungan bagi setiap orang untuk saling tukar-menukar informasi terlebih lagi dalam dunia bisnis. Seperti dalam mengirim data-data yang penting, sedemikian sehingga untuk mengirim data tidak perlu lagi datang langsung ke tempat yang ingin dituju, melainkan cukup dengan menggunakan pengiriman dengan fasilitas internet menggunakan email. Kriptografi merupakan teknik yang dapat melindungi kerahasiaan dari orang yang tidak bertanggung jawab. Pada skripsi ini dibentuk suatu aplikasi yang bertujuan mengamankan data yang dikirim melalui email dari gangguan penyadap yang berniat merusak data atau informasi. Adapun dalam penelitian ini penulis menggunakan algoritma blowfish dimana algoritma tersebut merupakan sebuah algoritma kunci simetri blok kode dengan panjang blok tetap 64 bit, dan algoritma blowfish dibagi menjadi dua subalgoritma utama yaitu ekspansi kunci dan bagian enkripsi-dekripsi. Sehingga proses pengiriman file yang di lakukan dengan menggunakan email dapat terjaga kerahasiannya.

Author Biography

Achmad Fauzi, STMIK Kaputama Binjai

Dosen

References

Ariyus, Dony. 2008. Pengantar Ilmu Kriptografi,( Teori, Analisis, Dan Implementasi) penerbit Andi Yogyakarta.

Sadikin, Rifki. 2005. Kriptografi untuk Keamanan Jaringan, penerbit Andi Yogyakarta.

Budi Sutedjo S.Kom.,MM dan Udaya, Y. 2004. Algoritma dan teknik Pemograman, penerbit Andi Yogyakarta.

Moh. Sjukani 2009. Algoritma (Algoritma dan Struktur data 1) dengan C, C++ dan java, edisi 5 teknik-teknik dasar pemograman komputer. Penerbit Mitra Wacana Media.

Candraleka Happy 2008. Cara Mudah mengelola email untuk pemula, penerbit Mediakita.

Bruce Schneier. Applied Cryptograpy, http:// www.schneier.ac.id/395/1/pdf diakses 20 mei 2016.

Suriski sitinjak, Yuli Fauziah, Juwariah. Aplikasi Kriptografi File Menggunakan Algoritma Blowfish

Published

2016-12-18

How to Cite

Fauzi, A. (2016). Analisa Perancangan Aplikasi Penyandian Pesan Pada Email Menggunakan Algoritma Kriptografi Blowfish. MEANS (Media Informasi Analisa Dan Sistem), 1(2), 72–77. https://doi.org/10.54367/means.v1i2.13

Issue

Section

Daftar Artikel