Analisis Teori Utilitas Multi-atribut untuk Pengambilan Keputusan Peringkat Perguruan Tinggi

Authors

  • Ramzi Saputra Universitas Labuhan Batu
  • Iwan Purnama Universitas Labuhan Batu
  • Rahmadani Pane Universitas Labuhan Batu

DOI:

https://doi.org/10.54367/means.v6i2.1344

Keywords:

Kecerdasan Buatan, Sistem Pendukung Keputusan, Teori Utilitas Multi Atribut (MAUT), Peringkat Kampus.

Abstract

Pemeringkatan perguruan tinggi, baik perguruan tinggi negeri maupun swasta, dapat menjadi dasar perguruan tinggi tersebut diminati calon mahasiswa baru. Semakin baik peringkat perguruan tinggi, semakin populer kampus tersebut. Dalam penelitian ini penulis membahas kasus pemeringkatan kampus di kota Medan dimana hasil yang akan diterima adalah pengambilan keputusan kampus terbaik dengan metode yang digunakan adalah metode MAUT (Multi Attribute Utility Theory). Tujuannya adalah untuk melihat hasil apa yang dapat diberikan dengan menggunakan metode MAUT dalam menentukan kampus terbaik di kota Medan yang menghasilkan pemeringkatan kampus di Medan. Apakah memberikan hasil yang optimal atau tidak. Namun setiap kasus yang diselesaikan menggunakan metode dalam kecerdasan buatan, dalam hal ini metode MAUT adalah metode Sistem Pendukung Keputusan, tentunya memberikan hasil yang optimal walaupun hasil yang diberikan tidak lengkap atau lengkap. Oleh karena itu, penulis memiliki visi ke depan, melakukan penelitian di bidang ini, khususnya untuk kasus pemeringkatan kampus. Dalam penelitian ini variabel yang digunakan dalam penentuan ranking kampus adalah Kelembagaan, Kegiatan Kemahasiswaan, SDM Dosen, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, dan Inovasi. Kelima variabel ini nantinya dapat ditambah atau dikurangi sesuai kebutuhan. Hasil yang diperoleh merupakan hasil pemeringkatan yang optimal namun masih sebatas model acuan untuk internal lembaga. SDM Dosen, Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat, dan Inovasi. Kelima variabel ini nantinya dapat ditambah atau dikurangi sesuai kebutuhan. Hasil yang diperoleh merupakan hasil pemeringkatan yang optimal namun masih sebatas model acuan untuk internal lembaga. SDM Dosen, Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat, dan Inovasi. Kelima variabel ini nantinya dapat ditambah atau dikurangi sesuai kebutuhan. Hasil yang diperoleh merupakan hasil pemeringkatan yang optimal namun masih sebatas model acuan untuk internal lembaga

References

T. Juninda, E. Andri, U. Kahirunnisa, N. Kurniawati, and M. Mustakim, “Penerapan Metode Promethee Untuk Pendukung Keputusan Pemilihan Smartphone Terbaik,†J. Ilm. Rekayasa dan Manaj. Sist. Inf., vol. 5, no. 2, p. 224, 2019, doi: 10.24014/rmsi.v5i2.7677.

S. Setiawati, Syahrizal, and A. D. Rezky, “Penerapan Metode CPM Dan PERT Pada Penjadwalan Proyek Konstruksi (Studi Kasus: Rehabilitasi / Perbaikan Dan Peningkatan Infrastruktur Irigasi Daerah Lintas Kabupaten/Kota D.I Pekan Dolok),†J. Tek. Sipil USU, 2017.

A. Josi, “Implementasi Algoritma Genetika Pada Aplikasi Penjadwalan Perkuliahan Berbasis Web Dengan Mengadopsi Model Waterfall,†J. Inform. J. Pengemb. IT, 2017.

F. A. Sianturi, B. Sinaga, P. M. Hasugian, T. Informatika, and S. Utara, “Fuzzy Multiple Attribute Decisison Macking Dengan Metode Oreste Untuk Menentukan Lokasi Promosi,†J. Inform. Pelita Nusant., vol. 3, no. 1, pp. 63–68, 2018, [Online]. Available: http://e-jurnal.pelitanusantara.ac.id/index.php/JIPN/article/view/289.

M. S. Fricles Ariwisanto Sianturi, “KOMBINASI METODESIMPLEADDITIVEWEIGHTING (SAW)DENGANALGORITMA NEAREST NEIGHBOR UNTUK REKRUITMEN KARYAWAN,†Mantik Penusa, vol. 3, no. 2, pp. 1–9, 2019, doi: .1037//0033-2909.I26.1.78.

F. A. S. Siti Yulia Rahma, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN ALOKASI ANGGARAN MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING PADA SMP NEGERI 3 SATU ATAP,†SAINTEK (Jurnal Sains dan Teknol., vol. 1, no. 1, pp. 32–39, 2019.

F. A. Sianturi et al., “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Kelayakan Perkreditan Anggota Koperasi ( Studi Kasus Pada Koperasi Kozero ),†Tek. Inform. Unika St. Thomas, vol. 02, pp. 88–100, 2017.

P. Soepomo, “Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Calon Karyawan Dengan Metode Promethee Studi Kasus Pamella Group Yogyakarta,†J. Sarj. Tek. Inform., vol. 2, no. 1, pp. 264–278, 2014, doi: 10.12928/jstie.v2i1.2633.

J. Sekip, P. Tengah, K. M. Petisah, K. Medan, and S. Utara, “PENERAPAN METODE FULL COSTING DALAM PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI PADA PT . MEDAN TROPICAL CHANNING & FROZEN INDUSTRIES,†vol. 2, no. 1, pp. 29–33, 2020.

R. Rumapea, P. Maleahki, S. Negara, and D. R. S. P, “Sistem Pendukung Keputusan Guru Beprestasi Berbasis Web di SMA Swasta Yapim Sibiru-Biru,†vol. 2, no. 1, pp. 23–28, 2020.

B. Krismoyo and J. R. Sagala, “PENERAPAN METODE WEIGHTED PRODUCT ( WP ) MENENTUKAN SISWA DROP OUT PADA,†vol. 3, no. 2, pp. 8–14, 2020.

Published

2021-11-01

How to Cite

Saputra, R., Purnama, I., & Pane, R. (2021). Analisis Teori Utilitas Multi-atribut untuk Pengambilan Keputusan Peringkat Perguruan Tinggi. MEANS (Media Informasi Analisa Dan Sistem), 6(2), 117–121. https://doi.org/10.54367/means.v6i2.1344

Issue

Section

Daftar Artikel