Keamanan Kendaraan untuk Melacak Sepeda Motor yang Hilang dengan menggunakan GPS Berbasis Smartphone

Authors

  • Indra Yustiana Universitas Nusa Putra Sukabumi
  • Muhamad Satibi Mulya Universitas Nusa Putra Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.54367/means.v6i2.1581

Keywords:

GPS Ublox Neo6m, Arduino Uno R3, GSM SIMCOM SIM800L, Smartphone, Google maps

Abstract

Keamanan kendaraan untuk melacak sepeda motor yang hilang merupakan sebuah alat pelacak dengan menggunakan GPS dan di tampilkan dengan smartphone alat ini, berfungsi untuk memberikan informasi lokasi kendaraan, dengan mengirimkan titik koordinat atau lokasi kendaraan yang hilang dengan menggunakan perintah sms yang di kirimkan melalui sebuah smartphone, kemudian bisa di tampilkan dengan aplikasi Google maps. Keamanan kendaraan sepeda motor untuk mengetahui posisi kendaraan yang hilang menggunakan GPS dan ditampilkan dengan smartphone menggunakan alat yaitu : (1) GPS Ublox Neo6m, (2) Modul Arduino uno R3, (3) GSM SIMCOM SIM800L, (4) Smartphone, Adapun perangkat lunak yang di gunakan (1) Aplikasi Google Maps. Perangkat lunak (software) pembuatan alat ini menggunakan Bahasa pemograman C. Diketahui dari hasil pengujian yang telah dilakukan bahwa  keamanan kendaraan  untuk melacak sepeda motor yang hilang, untuk mengetahui  posisi kendaraan  yang hilang menggunakan GPS dan ditampilkan dengan smartphone hasil dari pengujian  dapat disimpulkan bahwa alat tersebut bisa menampilkan data informasi sesuai dengan yang di harapkan yaitu dengan menggunakan alat tersebut dengan menggunakan perintah sms pada sebuah smartphone untuk mengirimkan lokasi atau titik koordinat  sepeda motor ke smartphone pemilik kendaraan. Kesimpulan yang di dapatkan dari alat ini adalah alat ini dapat di gunakan dan sesuai dengan yang diharapkan.

References

Suharijanto & Affan Bachri, “Rancang Bangun sistem Keamanan Sepeda Motor Dengan Fingerprint Berbasis Telephone,” JE-Unisla, vol. 3, no. 2, pp. 2502–0986, 2018.

DR.Hasanuddin Z.Abidin, “PENENTUAN POSISI DENGAN GPS DAN APLIKASINYA,” ACADEMIA, 2007.

S. Alfeno and R. E. C. Devi, “IMPLEMENTASI GLOBAL POSITIONING SYSTEM (GPS) DAN LOCATION BASED SERVICE (LSB) PADA SISTEM INFORMASI KERETA API UNTUK WILAYAH JABODETABE Sandro Alfeno, Ririn Eka Cipta Devi,” J. SISFOTEK Glob., vol. 7, no. 2, 2017.

Yulimingtarto and Johan, “Pengolahan data gps yang dikirim dengan teknologi sms untuk pelacakan kendaraan,” Sci. Repos., 2004, [Online]. Available: http://dewey.petra.ac.id/jiunkpe_dg_5081.html.

Anna Nur Nazilah Chamim, “PENGGUNAAN MICROCONTROLLER SEBAGAI PENDETEKSI POSISI DENGAN MENGGUNAKAN SINYAL GSM,” J. Inform., vol. 4, no. 1, 2010.

Y. Pratama, D. Nur Ramadan, and N. Damayanti, “PERANCANGAN GPS TRACKING UNTUK PENYEWAAN KENDARAAN BERMOTOR,” Peranc. GPS Track. UNTUK PENYEWAAN KENDARAAN BERMOTOR, vol. 6, no. 2, pp. 2442–5826, 2020.

A. Fauzani,Ramadhani and S. Irawadi, “Pelacak Kendaraan Hilang Menggunakan GPS dengan Modul GPS6MV2 Dan Ditampilkan Dengan Smartphone,” Konf. Nas. Sist. Inf., 2018.

Samsir and Jimmi Hendrik P. Sitorus, “Perancangan Sistem Monitoring Lokasi Kendaraan Menggunakan Gps U-Blox Berbasis Android,” J. Bisantara Inform., vol. 5, no. 1, pp. 2686–6455, 2021.

A. Saputra and Y. Dewanto, “PENGAMAN HELM DENGAN GPS MELALUI SMS BERBASIS MIKROKONTROLER ARDUINO UNO DENGAN SMARTPHONE,” J. Teknol. Ind., vol. 9, 2020.

R. Pratama, Tarigan, “Implementasi Sistem Keamanan Untuk Melacak Sepeda Motor Yang Hilang Menggunakan GPS Berbasis Smartphone,” Kumpul. Karya Ilm. Mhs. Fak. saint dan Teknol., vol. 1, no. 1, p. 46, 2019.

S. Naim, Hasbu, “Perancangan Sistem KeamananSepeda MotorMenggunakan GpsTrackerBerbasis Mikrokontroler Pada Kendaraan Bermotor,” Media J. Inform., vol

Published

2022-01-26

How to Cite

Yustiana, I. ., & Mulya, M. S. . (2022). Keamanan Kendaraan untuk Melacak Sepeda Motor yang Hilang dengan menggunakan GPS Berbasis Smartphone. MEANS (Media Informasi Analisa Dan Sistem), 6(2), 225–228. https://doi.org/10.54367/means.v6i2.1581

Issue

Section

Daftar Artikel