Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Pada Penjualan Sepeda Motor Jenis Honda (Studi Kasus : Showroom Honda Arista Pematangsiantar)

Authors

  • Lestari Sinaga STIKOM Tunas Bangsa Pematangsiantar
  • Abdullah Ahmad AMIK Tunas Bangsa Pematangsiantar
  • Muhammad Safii AMIK Tunas Bangsa Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.54367/means.v5i1.518

Keywords:

Sistem Informasi

Abstract

Showroom Honda Arista merupakan salah satu showroom atau Dealer yang menyediakan jual beli kendaraan sepeda motor Honda dengan berbagai type dan harga. Data mining ialah serangkaian proses untuk menggali nilai tambah dari suatu kumpulan data berupa pengetahuan yang selama ini tidak diketahui secara manual. Salah satu metode yang data mining yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Apriori. Metode Apriori merupakan salah satu teknik data mining yang berfungsi untuk menemukan aturan asosiatif antara suatu kombinasi item. Barang yang dianalisis yaitu barang yang dipesan bersamaan dengan barang lainnya atau dengan kata lain pemesanan lebih dari satu barang namun tetap melibatkan data pemesanan keseluruhan. Adapun item-item yang masuk kedalam data penjualan ialah Revo, Supra, Beat, Vario, Sonic, PCX, CB, Scoopy, Megapro, Verza, CBR. Hasil dari association yang berupa informasi mengenai Honda merk apa saja yang dibeli secara bersamaan oleh konsumen, dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk menetapkan Strategi Pemasaran dan pada data transaksi. Kata kunci: Showroom Honda, Data Mining, Apriori

Author Biographies

Lestari Sinaga, STIKOM Tunas Bangsa Pematangsiantar

Mahasiswa STIKOM tunas Bangsa Pematangsiantar

Abdullah Ahmad, AMIK Tunas Bangsa Pematangsiantar

Mahasiswa AMIK Tunas Bangsa Pematangsiantar

Muhammad Safii, AMIK Tunas Bangsa Pematangsiantar

Dosen AMIK dan STIKOM Tunas Bangsa Pematangsiantar

References

P. Studi, S. Informasi, F. Ilmu, K. Universitas, and L. Kuning, “PENGGUNAAN ALGORITHMA APRIORI DATA MINING UNTUK MENGETAHUI TINGKATKESETIAAN KONSUMEN ( BRAND LOYALITY ) TERHADAP MEREK KENDERAAN BERMOTOR ( STUDI KASUS DEALER HONDA RUMBAI ),†vol. x, no. x, pp. 44–52, 2016.

M. Badrul, “Algoritma asosiasi dengan algoritma apriori untuk analisa data penjualan,†Pilar Nusa Mandiri, vol. XII, no. 2, pp. 121–129, 2016.

D. Mining, “PENERAPAN ALGORITMA APRIORI DALAM POLA PEMINJAMAN BUKU ( STUDI KASUS : PERPUSTAKAAN STIKES PRIMA JAMBI ),†vol. 6, no. 01, 2017.

P. Studi, S. Informasi, F. T. Informasi, and U. Stikubank, “Implementasi data mining menggunakan algoritma apriori 1,2,†pp. 372–382, 2017.

J. Ilmiah, I. Komputa, E. Volume, A. Issn, A. W. Kusumaatmaja, and J. D. Bandung, “Membangun Aplikasi E-Commerce Suku cadang Motor di Surya Mandiri Motor,†J. Ilm. Komput. dan Inform., vol. 1, 2013.

F. Marisa and D. Purnomo, “Penerapan Algoritma Apriori Terhadap Data Penjualan di Toko Gudang BM,†no. 35, pp. 1–5.

A. Anas, “Untuk Mendapatkan Pola Peminjaman Buku Perpustakaan Smpn 3 Batanghari,†J. Ilm. Media SISFO, vol. 10, no. 2, pp. 628–641, 2016.

K. Tampubolon, H. Saragih, and B. Reza, “Implementasi Data Mining Algoritma Apriori Pada Sistem Persediaan Alat-Alat Kesehatan,†Maj. Ilm. Inf. dan Teknol. Ilm., vol. 1, no. 1, pp. 93–106, 2013, doi: 10.1017/S0079497X00014341.

T. Limbong, “Peran dan Fungsi Komputer dalam Mendukung Prestasi Akademik Mahasiswa STMIK Budi Darma Medan,†Inf. dan Teknol. Ilm., vol. 3, no. 1, pp. 138–143, 2014.

Published

2020-06-26

How to Cite

Sinaga, L., Ahmad, A., & Safii, M. (2020). Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Pada Penjualan Sepeda Motor Jenis Honda (Studi Kasus : Showroom Honda Arista Pematangsiantar). MEANS (Media Informasi Analisa Dan Sistem), 5(1), 18–21. https://doi.org/10.54367/means.v5i1.518

Issue

Section

Daftar Artikel