Implementasi Metode Certainty Factor untuk Diagnosa Kerusakan Komputer

Authors

  • Fricles Ariwisanto Sianturi STMIK Pelita Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.54367/means.v4i2.569

Keywords:

Expert System, Computer, Certainty Factor

Abstract

Sistem pakar dapat dikatakan sebagai Ilmu berbasis computer yang dapat membantu pakar dalam memecahkan suatu masalah yang dapat dikatakan berbasis teknologi, oleh karenanya dapat meningkatkan produktivitas, dengan demikian proses pencarian masalah yang ada lebih cepat dan tepat terjawab dibandingkan dengan pekerjaan manusia. Sistem pakar juga menyelesaikan permasalahan dengan meniru cara yang dilakukan seorang pakar ahli dalam mengatasi permasalahan di bidangnya salah satunya di bidang perbaikan komputer, permasalahan kerusakan komputer menjadi masalah yang cukup rumit, permasalahan ini secara umum dialami oleh individu maupun intitusi. Salah satunya di instansi sekolahan yang memiliki laboratorium komputer.untuk mendiagnosa kerusakan komputer bisa digunakan satu metode yang ada didalam system pakar, salah satunya certainty factor yang membantu mengidentifikasi kerusakan pada komputer dan menemukan penyebab kerusakan komputer dengan gejala yang timbul dan yang terjadi serta solusi perbaikannya.Certainty Factordapat digunakan dalam menentukan suatu permasalah yang timbul yang dapat disimpulkan berdasarkan dari gejala yang timbul. Dalam masalah yang timbul terkadang jawaban yang diberikan tidak akurat dan pasti. Ketidakpastian ini dipengaruhi dari kesimpulan yang diberikan sehingga tidak dapat memberikan jawaban yang pasti pada kerusakan yang timbul.

References

A. H. Aji, M. T. Furqon, and A. W. Widodo, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Ibu Hamil Menggunakan Metode Certainty Factor ( CF ),†J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 5, pp. 2127–2134, 2018.

N. Extice P, “SISTEM PAKAR KERUSAKAN HARDWARE KOMPUTER DENGAN METODE FORWARD CHAINING (Studi Kasus: Benhur Sungai Penuh),†J. Momentum, vol. 18, no. 2, pp. 53–59, 2016.

A. G. Gani, “Aplikasi Sistem Pakar Untuk Diagnosis Kerusakan Hardware Komputer Desktop Pada Laboratorium Komputer Di Sekolah,†J. Sist. Inf. Univ. Suryadarma, vol. 4, no. 1, pp. 44–67, 2014.

S. Saiful Rizal/Rini Agustina, “Sistem Pakar Diagnosa Kerusakan Komputer dengan Metode Forward Chaining dan Certainty Factor di Universitas Kanjuruhan Malang,†Bimasakti, 2014.

R. Oktapiani, “Sistem Pakarmendeteksi Permasalahan Komputer Dari Beep Bios Dengan Metode Forward Chaining,†J. Tekno Insentif, vol. 11, no. Ci, pp. 43–52, 2017.

B. Sinaga, P. M. Hasugian, and A. M. Manurung, “Sistem Pakar Mendiagnosa Kerusakan Smartphone,†vol. 3, no. 1, pp. 333–339, 2018.

R. Ambarita, “Sistem Pakar Diagnosa Kerusakan Mainboard Komputer,†IJIS - Indones. J. Inf. Syst., vol. 2, no. 1, 2017.

Published

2019-12-03

How to Cite

Sianturi, F. A. (2019). Implementasi Metode Certainty Factor untuk Diagnosa Kerusakan Komputer. MEANS (Media Informasi Analisa Dan Sistem), 4(2), 176–184. https://doi.org/10.54367/means.v4i2.569

Issue

Section

Daftar Artikel