Penerapan Data Mining Pada Pasokan Order Barang Dengan Menggunakan Algoritma Apriori

Authors

  • R. Mahdalena Simanjorang STMIK Pelita Nusantara Medan

DOI:

https://doi.org/10.54367/means.v4i2.614

Keywords:

Data mining, Pasokan Order Barang, Algoritma Apriori.

Abstract

Proses analisis data menggunakan perangkat digunakan untuk menemukan pola dan aturan (rules) dalam himpunan data merupakan bagian dari data mining. Support dan confidence merupakan dua tolak ukur untuk mengetahui asosiasi. Seringkali terjadi masalahan dalam persediaan barang seperti pasokan order pada toko atau konsumen. Persediaan dibutuhkan karena tingkat permintaan yang tidak beraturan. Persediaan barang dilakukan agar pada saat dibutuhkan barang-barang tersebut tersedia. Salah satu masalah dalam order barang adalah kesulitan dalam menentukan besarnya jumlah persediaan yang harus disediakan dalam memenuhi jumlah permintaan. Masalah yang sering timbul adalah terjadinya stockout (kehabisan persediaan) sehingga menimbulkan kekecewaan konsumen atau pelanggan, selain itu juga sering terjadi kelebihan barang.Pada pasokan order barang produk pakan ikan lele mengalami peningkatan order setiap harinya. Produk pakan ikan lele yang diorder berdasarkan jenis dan ukuran pakan.Untuk mengetahui jenis pakan ikan yang paling banyak diorder dibutuhkan Algoritma Apriori untuk dapat mengetahuinya.

References

E. Ndruru and R. Limbong, “Implementasi Data Mining Dalam Pengelompokan Jurusan yang Diminati Siswa SMK Negeri 1 Lolowa’u menggunakan Metode Clustering | Ndruru | MEANS (Media Informasi Analisa dan Sistem),†MEANS (Media Informasi Analisa dan Sistem), 2018. [Online]. Available: http://ejournal.ust.ac.id/index.php/Jurnal_Means/article/view/273/pdfdssdx11. [Accessed: 11-Jan-2020].

Prasetyo, “DATA MINING MENGOLAH DATA MENJADI INFORMASI MENGGUNAKAN MATLAB,†Penerbit Andi, 2014.

S. Defit, “Penggunaan Algorithma Apriori Dalam Menganalisa Prilaku Mahasiswa Dalam Memilih Mata Kuliah ( Studi Kasus : Fkip Upi " Yptk " ),†Pengguna. Algorithma Apriori…, 2013.

W. Lefebvre-Ulrikson, G. Da Costa, L. Rigutti, and I. Blum, “Data Mining,†in Atom Probe Tomography: Put Theory Into Practice, 2016.

H. Toivonen, “Apriori Algorithm,†in Encyclopedia of Machine Learning and Data Mining, 2017.

P. M. Hasugian, “Pengujian Algoritma Apriori Dengan Aplikasi Weka Dalam,†J. Mantik Penusa, 2017.

Published

2020-01-11

How to Cite

Simanjorang, R. M. (2020). Penerapan Data Mining Pada Pasokan Order Barang Dengan Menggunakan Algoritma Apriori. MEANS (Media Informasi Analisa Dan Sistem), 4(2), 216–219. https://doi.org/10.54367/means.v4i2.614

Issue

Section

Daftar Artikel