Pengurangan Derau (Noise) pada Citra Paper Dokumen menggunakan Metode Gaussian Filter dan Median Filter

Authors

  • Achmad Fauzi STMIK Kaputama Binjai

DOI:

https://doi.org/10.54367/kakifikom.v4i1.1871

Keywords:

Citra_digital, Gaussian_filter, Median_filter

Abstract

Citra adalah kombinasi antara titik, garis, bidang, dan warna untuk menciptakan suatu imitasi dari suatu objek–biasanya objek fisik atau manusia. Citra bisa berwujud gambar dua dimensi, seperti lukisan, foto, dan berwujud tiga dimensi, seperti patung. Citra sangat rentan terjadi derau (noise) karena banyak faktor yang mempengaruhi, seperti kurangnya pencahayaan saat pengambilan gambar, penggunaan kamera digital dengan kualitas pengambilan gambar yang rendah, karena jarak pengambilan citra gambar tersebut yang terlau jauh dan sebagainya. Noise mengganggu karena mengurangi kualitas citra dan akan sulit saat ingin mengetahui sebuah informasi yang terdapat pada citra tersebut Paper dokumen berformat gambar menjadi salah satu bentuk citra yang sering terjadi noise. Noise dapat disebabkan dari debu pada mesin scanner yang tidak dibersihkan sebelum digunakan. Debu tersebut menyebabkan titik – titik (pixel) hitam pada lembaran dokumen dari paper tersebut, sehingga mengurangi kuantisasi dari gambar tersebut.  Noise dapat dikurangi dengan metode filtering citra, filtering citra merupakan suatu proses untuk menggantikan nilai dari suatu pixel pada citra. Metode yang dapat digunakan dalam mengurangi noise pada citra adalah dengan menggunakan metode gaussian filter dan metode median filter. Dengan kata lain filtering citra dengan metode gaussian filter dan metode median filter dengan memproses nilai pixel RGB pada citra yang diproses ke dalam MATLAB dengan menggunakan fasilitas GUI, hingga menghasilkan citra baru yang dapat menampilkan informasi yang lebih baik dari citra sebelumnya. Setelah melakukan proses filtering  pada citra cover skripsi (cover-skripsi.jpg), citra yang dihasilkan sudah lebih baik dengan size awal 372,616 kb menjadi 84,667 kb setelah perses metode gaussian filter dan menjadi 58,203 kb pada proses metode median filter.

Author Biography

Achmad Fauzi, STMIK Kaputama Binjai

Dosen

References

. Andiro, T., & Ginting, G. (2019). Peningkatan Kualitas Citra Ultrasonografi (USG) Dengan Menggunakan Meode Gaussian Filter. Jurnal Pelita Informatika, 121–126.

. Andono, P. N., Sutojo, T., & Muljono. (2107). Pengolahan Citra Digital Pengenalan Pola, Watermaking, Steganografi dan Kompresi Citra. Penerbit ANDI.

. Basuki, S. (2003). Manajemen Arsip Dinamis, Pengantar Memahami dan Mengelolah Informasi dan Dokumen. Gramedia.

. Capah, S. N. A., Nasution, S. D., & Hondro, R. K. (2018). Penerapan Metode Median Filter Untuk Mereduksi Noise Pada Citra Ultraviolet. Jurnal Pelita Informatika.

. Fauzi, A. (2020). Ekstraksi Citra Pada Proses Keamanan Kriptografi Memanfaatkan Algoritma Secure Hash (SHA). Jurnal Informatika Kaputama(JIK), 1–8.

. Kusumanto, R. D., & Tompunu, A. N. (2017). Pengolahan Citra Digital Untuk Mendeteksi Obyek Menggunakan Pengolahan Warna Model Normalisasi RGB. In Seminar Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan.

. Munir, R. (2004). Pengolahan Citra Digital Dengan Pendekatan Algoritmik. Informatika.

. Simanjuntak, D. Y. (2019). Reduksi Noise Salt And Paper Pada Citra Pankromatik. Majalah Ilmiah INTI, 258–263.

. Sunandar, H. (2017). Perbaikan Kualitas Citra Menggunakan Metode Gaussian Filter. MEANS (Media Informasi Analisa Dan Sistem), Volume 2(Nomor 1), 19–22.

. Wedianto, A., Sari, H. L., & Hermawan, Y. S. (2016). Analisa Perbandingan Metode Gaussian Filter, Mean Filter Dan Median Filter. Jurnal Media Infotama, 21–30.

Downloads

Published

2022-04-26

How to Cite

Fauzi, A. . (2022). Pengurangan Derau (Noise) pada Citra Paper Dokumen menggunakan Metode Gaussian Filter dan Median Filter. KAKIFIKOM (Kumpulan Artikel Karya Ilmiah Fakultas Ilmu Komputer), 4(1), 7–15. https://doi.org/10.54367/kakifikom.v4i1.1871

Issue

Section

Artikel