Penerapan Algoritma Rijndael untuk Mengamankan Teks

Authors

  • Tiepsi Tiepsi STMIK Budi Darma Medan
  • Kristian Siregar STMIK Budi Darma Medan

Abstract

Kriptografi merupakan salah satu solusi yang dapat dimanfaatkan dan dikembangkan dalam menghadapi permasalahan tentang keamanan data. Salah satu algoritma yang bisa dihandalkan dalam keamanan data adalah algoritma Rijndael. Algoritma Rijndael merupakan algoritma kriptografi simetrik yang beroperasi dalam mode penyandi blok (block cipher) yang memproses blok data 128-bit dengan panjang kunci 128 bit, 192 bit, atau 256 bit.Untuk menjamin keamanan dan keutuhan dari suatu data, dibutuhkan suatu proses penyandian,  dengan melakukan proses enkripsi dan dekripsi. Proses enkripsi ini akan mengubah suatu data asal atau asli menjadi data rahasia yang tidak dapat dibaca. Sementara itu, proses dekripsi dilakukan oleh penerima data yang dikirim tersebut. Data rahasia yang diterima akan diubah kembali menjadi data asal atau asli. Dengan cara penyandian tadi, data asli tidak akan terbaca oleh pihak yang tidak berkepentingan, melainkan hanya oleh penerima yang memiliki kunci dekripsi.

Author Biography

Tiepsi Tiepsi, STMIK Budi Darma Medan

Dosen Tetap UNIKA Santo Thomas

References

R. Munir, “Kriptografi,†Inform. Bandung, 2006.

A. Suhendra, “Steganografi Pada Citra Terkompresi Metode Huffman,†MEANS (Media Inf. Anal. dan Sist., vol. 1, no. 2, pp. 33–39, Dec. 2016.

B. Silaban and T. Limbong, “Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Kriptografi Algoritma Affine Cipher Dan Vigenere Cipher Menggunakan Metode Computer Assisted Instruction,†Media Inf. Anal. dan Sist., vol. 2, no. 2, pp. 14–20, 2017.

J. Daemen and V. Rijmen, The Block Cipher Rijndael, vol. 1820. 1998.

A. M. Hasibuan, “Rancang Bangun Aplikasi Keamanan Data Menggunakan Metode AES Pada Smartphone,†MEANS (Media Inf. Anal. dan Sist., vol. 2, no. 1, pp. 29–35, Jun. 2017.

D. D. Santoso and P. Tarigan, “Penerapan Algoritma Playfair Cipher sebagai Penyandian Kunci Dalam Pengamanan File Teks dengan Algoritma Rijndael,†Pelita Inform. Budi Darma, vol. 17, pp. 59–64, 2018.

M. Mankar, “Encryption and Decryption Using Rijndael Algorithm,†Int. J. Recent Innov. Trends Comput. Commun., vol. 3, no. 4, pp. 1387–1391, 2015.

Published

2020-02-02

Issue

Section

Artikel