Penerapan Algoritma Algoritma Boyer Moore untuk Penyaringan Pesan dan Algoritma Hill Cipher dalam Keamanan Pesan Teks Berbasis Web Chat

Authors

  • Tomy Satria Alasi STMIK Budi Darma Medan

DOI:

https://doi.org/10.54367/kakifikom.v1i2.641

Abstract

Web chat merupakan halaman situs untuk saling berbagi informasi komunikasi melalui pesan teks, suara, vidio dan file yang dapat diakses dengan masuk ke dalam sistem aplikasi yang disediakan oleh situs. Khusus untuk berbagi pesan teks melalu web chat sering berisi kata-kata yang tidak baik sehingga hal-hal yang tidak diinginkan terjadi seperti saling membalas kata-kata yang tidak baik bahkan berahir dengan perkelahian dan penyedia juga kurang memperhatikan keamanan dalam proses pesan teks sehingga pesan mudah dibajak oleh orang yang tidak berkepentingan dengan macam-macam tujuan, dua permasalahan tentu tidak diinginkan oleh seseorang pada saat berbagi pesan. Dengan segala permasalahan yang diuraikan ternyata ada suatu penyelesaian masalah tersebut yaitu dengan memanfaatkan algoritma boyer moore yaitu proses pencarian kata dari kanan karakter ke kiri karakter sehingga proses pencarian tek pada kata lebih cepat sehingga tidak ada yang terlewatkan dari teks sampai menumukan kata yang tidak pantas dan disaring atau disembunyikan dan memakai algoritma hill cipher dengan penyandian hingga perubahan pada pesan teks dengan proses aritmatika matriks sehingga kunci dan pembuka tidak sama dan susah dipecahkan sekalipun karakter pada teks sama. Sehingga dengan mengunakan dua algoritma tersebut yaitu algoritma boyer moore dan algoritma hill cipher dua permasalahan tersebut dapat diselesaikan yaitu penyaringan pesan teks dan pengamanan pesan teks

References

S. Maharani, I. Maula, and Z. Arifin, “STEGANOGRAFI VIDEO MENGGUNAKAN METODE END OF FILE (EOF),†SCAN - J. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 11, no. 3, pp. 49–56, 2016.

A. Fauzi, “Analisa Perancangan Aplikasi Penyandian Pesan Pada Email Menggunakan Algoritma Kriptografi Blowfish,†MEANS (Media Inf. Anal. dan Sist., vol. 1, no. 2, pp. 72–77, Dec. 2016.

S. Sutikno, I. F. Astuti, and D. M. Khairina, “Membangun Aplikasi Chatting Untuk Media Perkenalan Berbasis Web,†Inform. Mulawarman J. Ilm. Ilmu Komput., vol. 13, no. 1, p. 1, 2018.

F. Adinta and I. Neforawati, “Rancang Bangun Aplikasi Chatting Berbasis Web Menggunakan Docker,†JOISIE (Journal Inf. Syst. Informatics Eng., vol. 1, no. 1, p. 28, 2019.

D. Ariyus, “Kriptografi keamanan data dan komunikasi,†Yogyakarta Graha Ilmu, 2006.

H. D. M. H. Hutahaean, “Aplikasi Pembelajaran Kriptograpi berbasis Mobile menggunakan Computer Assisted Instruction,†vol. 4, no. 1, pp. 2–5, 2019.

R. Munir, “Kriptografi,†Inform. Bandung, 2006.

A. Yudhana, S. -, and A. Djalil, “Implementation of Pattern Matching Algorithm for Portable Document Format,†Int. J. Adv. Comput. Sci. Appl., vol. 8, no. 11, 2017.

Z. A. Khan and R. K. Pateriya, “Multiple Pattern String Matching Methodologies: A Comparative Analysis,†Int. J. Sci. Res. Publ., vol. 2, no. 7, 2012.

A. Kadir, Dasar pemrograman web dinamis menggunakan PHP. Andi, 2003.

Published

2019-10-02

How to Cite

Alasi, T. S. (2019). Penerapan Algoritma Algoritma Boyer Moore untuk Penyaringan Pesan dan Algoritma Hill Cipher dalam Keamanan Pesan Teks Berbasis Web Chat. KAKIFIKOM (Kumpulan Artikel Karya Ilmiah Fakultas Ilmu Komputer), 1(2), 73–79. https://doi.org/10.54367/kakifikom.v1i2.641

Issue

Section

Artikel