Kombinasi Algoritma Vigenere Cipher dan One Time Pad untuk Mengamankan Data Teks

Authors

  • Virushati Hulu STMIK Budi Darma Medan
  • Berto Nadeak STMIK Budi Darma Medan

DOI:

https://doi.org/10.54367/kakifikom.v2i1.668

Abstract

Perkembangan teknologi turut mempengaruhi tingkat keamanan informasi yang bersifat rahasia. Berbagai pihak yang teidak berkepentingan dapat menggunakan perkembangan teknologi untuk mendapatkan informasi tersebut. Untuk menjaga agar informasi tetap aman, maka digunakan kombinasi algoritma vigenere cipher dan One Time Pad (OTP). Kriptografi ini adalah teknik untuk menyandikan pesan dan menjaga keamanan suatu pesan. Kombinasi ini digunakan sebagai suatu sistem untuk mengamankan data teks, karena data teks mengalami dua proses pengamanan, yaitu proses enkripsi dan proses dekripsi. Enkripsi pada algoritma vigenere cipher dan One Time Pad (OTP) dilakukan sebanyak 2 kali enkripsi dan 2 kali dekripsi, dimana dalam proses ini pertama dilakukan dengan proses enkripsi vigenere cipher hasil cipherteks yang dihasilkan proses vigenere cipher dijadikan sebagai plainteks untuk proses enkripsi One Time Pad (OTP) hasil cipherteks yang dihasilkan dari proses enkripsi (OTP) dan dijadikan sebagai proses dekripsi (OTP) dan hasilnya berupa plainteks yang didapat dari dekripsi (OTP) dan lakukan proses dekripsi dengan vigenere cipher dan gunakan kunci awal dari vigenere cipher untuk mengembalikan cipherteks yang diinput ke plainteks semula sehingga hasilnya berupa plainteks asli dan kembali kebentuk semula..

References

R. Munir, “Kriptografi,†Inform. Bandung, 2006.

F. Anita, “Implementasi Algoritma Modular Multiplication Based Block Cipher Dalam Mengamankan Data Teks,†MEANS (Media Inf. Anal. dan Sist., vol. 3, no. 2, pp. 121–125, 2018.

S. Sari, “Perancangan Aplikasi Pengamanan Pesan Teks Menggunakan Algoritma One Time Pad Berbasis Android,†KAKIFIKOM (Kumpulan Artik. Karya Ilm. Fak. Ilmu Komputer), vol. 01, no. 1, pp. 23–26, 2019.

B. Silaban and T. Limbong, “Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Kriptografi Algoritma Affine Cipher Dan Vigenere Cipher Menggunakan Metode Computer Assisted Instruction,†Media Inf. Anal. dan Sist., vol. 2, no. 2, pp. 14–20, 2017.

D. Ariyus, “Kriptografi keamanan data dan komunikasi,†Yogyakarta Graha Ilmu, 2006.

N. E. Saragih, “IMPLEMENTASI ALGORITMA ONE TIME PAD PADA PESAN,†J. Ilm. Matrik, vol. 20, no. 1, pp. 31–40, 2018.

L. Endah Pratiwi, R. Marwati, and I. Yusnitha, “PROGRAM APLIKASI KRIPTOGRAFI PENYANDIAN ONE TIME PAD MENGGUNAKAN SANDI VIGENERE.â€

H. Sahara, “Implementasi Pengamanan Pesan Chatting menggunakan Metode Vigenere Cipher dan Cipher Block Chainning,†MEANS (Media Inf. Anal. dan Sist., vol. 3, no. 2, pp. 173–178, 2018.

R. Munir, “Algoritma & Pemrograman dalam Bahasa Pascal dan C Edisi Revisi,†Andi Yogyakarta, 2011. [Online]. Available: https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/21198/algoritma-pemrograman-dalam-bahasa-pascal-dan-c-edisi-revisi.html. [Accessed: 19-Feb-2020].

F. Diani and Y. Widhiyasana, “Enkripsi SMS dengan Menggunakan One Time Pad ( OTP ) dan Kompresi Lempel-Ziv-Welch ( LZW ),†J. Nas. Tek. Elektro dan Teknol. Inf., vol. 7, no. 3, pp. 3–8, 2018.

Published

2020-04-12

How to Cite

Hulu, V., & Nadeak, B. (2020). Kombinasi Algoritma Vigenere Cipher dan One Time Pad untuk Mengamankan Data Teks. KAKIFIKOM (Kumpulan Artikel Karya Ilmiah Fakultas Ilmu Komputer), 2(1), 49–57. https://doi.org/10.54367/kakifikom.v2i1.668

Issue

Section

Artikel