Pendekatan Empiris untuk Estimasi Kerugian Ekonomi dan Dampak Kerusakan Lingkungan akibat Gempabumi di Deli Serdang

Authors

  • Teguh Rahayu Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Indonesia
  • Agus Purwoko Pengelolaan Sumber daya Alam dan Lingkungan, Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54367/kakifikom.v2i1.670

Abstract

Kerusakan lingkungan dan sumber daya alam bisa diakibatkan oleh kejadian gempabumi. Dampak kerusakan yang dihasilkan akan sangat berpengaruh pada keberlangsungan lingkungan dan pertumbuhan ekonomi suatu wilayah. Dalam hal ini, penelitian berfokus pada Kabupaten Deli Serdang, yang merupakan kota yang dari sisi pertumbuhan ekonomi terus berkembang. Kondisi lain potensi Deli Serdang dari sisi kegempaan sangat dipengaruhi oleh aktivitas patahan lokal. Tujuan penelitian ini untuk melihat dampak kerusakan lingkungan, kerugian ekonomi, dan estimasi kematian akibat gempabumi dengan pendekatan empiris. Dalam penelitian ini, dampak kerusakan lingkungan akibat gempabumi dengan menggunakan Shakemap (peta guncangan). Kerusakan lingkungan yang terjadi adalah tanah longsor di sekitar sumber gempabumi. Hasil kerugian ekonomi dan jumlah kematian dengan pendekatan empiris dan Prompt Assessment of Global Earthquakes for Response (PAGER) yang dihasilkan dalam penelitian ini masuk kategori hijau, yang artinya berkisar pada angka 67% dari perkiraan ekonomi dibawah $ 1 juta dan 65% dari angka kematian penduduk.

Author Biography

Teguh Rahayu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Indonesia

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Indonesia

References

“Data Informasi Bencana Indonesia (DIBI).†[Online]. Available: https://bnpb.cloud/dibi/laporan5a. [Accessed: 11-Apr-2020].

R. B. Indonesia, “Risiko bencana indonesia.â€

P. Du et al., “Environmental risk evaluation to minimize impacts within the area affected by the Wenchuan earthquake,†Sci. Total Environ., vol. 419, pp. 16–24, 2012.

S. Mavroulis, M. Mavrouli, E. Lekkas, and A. Tsakris, “Impact of earthquakes and their secondary environmental effects on public health,†vol. 19, no. 11, p. 3884, 2017.

“Earthquake - Methods of reducing earthquake hazards | Britannica.†[Online]. Available: https://www.britannica.com/science/earthquake-geology/Methods-of-reducing-earthquake-hazards. [Accessed: 11-Apr-2020].

D. Sungkawa, “Dampak Gempa Bumi Terhadap Lingkungan Hidup,†J. Geogr. Gea, vol. 7, no. 1, 2016.

“Badan Pusat Statistik Kabupaten Deli Serdang.†[Online]. Available: https://deliserdangkab.bps.go.id/subject/40/gender.html#subjekViewTab3. [Accessed: 10-Apr-2020].

K. Jaiswal and D. J. Wald, “Estimating economic losses from earthquakes using an empirical approach,†Earthq. Spectra, vol. 29, no. 1, pp. 309–324, 2013.

K. Jaiswal, D. Wald, and K. Porter, “A global building inventory for earthquake loss estimation and risk management,†Earthq. Spectra, vol. 26, no. 3, pp. 731–748, 2010.

“PAGER Scientific Background.†[Online]. Available: https://earthquake.usgs.gov/data/pager/background.php. [Accessed: 11-Apr-2020].

Skala MMI (Modified Mercalli Intensity). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika.

“Skala mercalli - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas.†[Online]. Available: https://id.wikipedia.org/wiki/Skala_mercalli. [Accessed: 11-Apr-2020].

BMKG, “Katalog Gempa Bumi Signifikan,†2019.

Published

2020-04-19

How to Cite

Rahayu, T., & Purwoko, A. (2020). Pendekatan Empiris untuk Estimasi Kerugian Ekonomi dan Dampak Kerusakan Lingkungan akibat Gempabumi di Deli Serdang. KAKIFIKOM (Kumpulan Artikel Karya Ilmiah Fakultas Ilmu Komputer), 2(1), 58–62. https://doi.org/10.54367/kakifikom.v2i1.670

Issue

Section

Artikel