Hubungan Pengetahuan Kalkulus Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa STMIK Budi Darma Medan

Authors

  • Kennedi Tampubolon STMIK Budi Darma Medan
  • Chandra Frenki Sianturi STMIK Budi Darma Medan

DOI:

https://doi.org/10.54367/kakifikom.v2i1.895

Abstract

Keberhasilan belajar mahasiswa dapat dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal berasal dari dalam diri mahasiswa itu sendiri seperti kesiapan  dalam menghadapi perkuliahan dan hal-hal in lainnya, sedangkan factor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar diri mahasiswa seperti media belajar, waktu yang tersedia, dosen, dll. Faktor internal dan eksternal secara bersama-sama mempengaruhi keberhasilan mahasiswa dalam menyelesaikan studi mahasiswa.  Pada umumnya pembelajaran Kalkulus di berbagai Institusi Pendidikan di Indonesia masih jauh dari nilai standar kelulusan, hal ini dikarenakan minimnya pengetahuan dasar Matematika mahasiswa sebagai landasan berfikir logis,kritis dan sistematis. Meskipun demikian beberapa prestasi tingkat Internasional telah ditorehkan oleh pelajar-pelajar berprestasi anak bangsa dari berbagai daerah tanah air di bidang Matematika dan Fisika.  Hasil penelitian ini diperoleh menggunakan pendekatan Metode Analisis Korelasi Pearson Product Moment membuktikan bahwa pengetahuan Kalkulus berpengaruh kuat terhadap prestasi belajar mahasiswa TI di STMIK Budi Darma Medan. Atau dapat disimpulkan adanya korelasi yang signifikan antara pengetahuan Kalkulus terhadap prestasi belajar Mahasiswa TI STMIK Budi Darma Medan.

References

A. HidayatulKhusna, “Analisis Hambatan Belajar Siswa pada Pelajaran Kalkulus Dasar Halaman all - Kompasiana.com,†27-Jul-2019. [Online]. Available: https://www.kompasiana.com/annisahidayatulkhusna/5d3bdb070d823010287c1ab2/analisis-hambatan-belajar-siswa-pada-pelajaran-kalkulus-dasar?page=all. [Accessed: 03-Sep-2020].

G. Lazuardy and T. Tonni, “PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN KALKULUS 1 DENGAN MENGGUNKAN METODE COMPUTER ASSITED INSTRUCTION (CAI),†JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 3, no. 1, 2016.

T. Z. MUTAKIN, “ANALISIS KESULITAN BELAJAR KALKULUS 1 MAHASISWA TEKNIK INFORMATIKA,†J. Form., vol. 3, no. 1, pp. 49–60, 2013.

T. Limbong, “Peran dan Fungsi Komputer dalam Mendukung Prestasi Akademik Mahasiswa STMIK Budi Darma Medan,†Inf. dan Teknol. Ilm., vol. 3, no. 1, pp. 138–143, 2014.

R. Umar, A. Fadlil, and Y. Yuminah, “Sistem Pendukung Keputusan dengan Metode AHP untuk Penilaian Kompetensi Soft Skill Karyawan,†Khazanah Inform. J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 4, no. 1, p. 27, 2018, doi: 10.23917/khif.v4i1.5978.

T. Limbong and J. Simarmata, “Menentukan Matakuliah yang Efektif Belajar Daring (Belajar dan Ujian) dengan Metode Multi-Attribute Utility Theory (MAUT),†J. Resti, vol. 4, no. 2, pp. 370–376, 2020.

A. V. Vitianingsih, “Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini,†Inf. J. Ilm. Bid. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 1, no. 1, Jul. 2017, doi: 10.25139/ojsinf.v1i1.220.

R. As’ari, “Pengetahuan dan Sikap Masyarakat dalam Melestarikan Lingkungan Hubungannya dengan Perilaku Menjaga Kelestarian Kawasan Bukit Sepuluh Ribu di Kota Tasikmalaya,†J. GeoEco, vol. 4, no. 1, pp. 9–18, 2018.

A. Apriyono, A. Taman, F. Ekonomi, U. Negeri, and B. E. Indonesia, “ANALISIS OVERREACTION PADA SAHAM PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA ( BEI ) PERIODE A . PENDAHULUAN 1 . Latar Belakang Masalah Berbagai penelitian dalam bidang pasar modal dan mengenai perilaku keuangan ( behavioral finance ) menyatakan bahwa t,†J. Nomina, vol. II, pp. 76–96, 2013.

Published

2020-09-03

How to Cite

Tampubolon, K., & Sianturi, C. F. (2020). Hubungan Pengetahuan Kalkulus Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa STMIK Budi Darma Medan. KAKIFIKOM (Kumpulan Artikel Karya Ilmiah Fakultas Ilmu Komputer), 2(1), 60–74. https://doi.org/10.54367/kakifikom.v2i1.895

Issue

Section

Artikel