Implementasi Algoritma Triangle Chain Cipher dalam Penyandian Pesan

Authors

  • Yudi Irawan STMIK Budi Darma Medan

DOI:

https://doi.org/10.54367/kakifikom.v2i2.932

Abstract

Keamanan data telah menjadi bagian dari pengembangan teknologi informasi, mengingat bahwa berjuta-juta bit informasi telah dipertukarkan dalam jaringan komputer terutama di internet. Keamanan data yang menjamin bahwa data tidak terganggu selama proses transfer dari sumber ke tujuan melalui saluran-saluran komunikasi. Masalah integrity berkaitan dengan bagaimana melindungi data dari penyusup yang berusaha masuk ke sumber data, atau menyusup dalam jaringan data untuk mengubah dan merusak. Algoritma triangle chain cipher merupakan salah satu algoritma penyandian yang beroperasi berdasarkan penyandian (kriptografi) klasik khususnya dalam teknik subtitusi terhadap karakter. Setiap karakter akan disubtitusi berdasarkan kunci dan faktor pengali yang telah ditetapkan berdasarkan formula yang berlaku dalam algoritma ini. Algoritma ini melakukan penyandian pada pesan teks sebanyak dua kali dan selalu bergantung pada hasil proses sebelumnya. Hal inilah yang mendasari rumitnya pemecahan dari algoritma penyandian berantai ini.Penyandian pesan khususnya pada pesan teks merupakan salah satu hal yang sangat penting dilakukan dalam meningkatkan keamanan pesan teks tersebut dari berbagai tingkat kejahatan yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak berhak dan tidak bertanggungjawab. Implementasi algoritma triangle chain cipher pada penyandian pesan teks dapat mempersulit siapa saja yang berhasil mengakses dan mendapatkan pesan teks untuk memahami dan mengerti, merusak, mendistribusikan, mencuri pesan teks atau tindakan lain yang dapat merugikan pihak-pihak pemilik pesan teks tersebut

References

D. Ariyus, “Kriptografi keamanan data dan komunikasi,†Yogyakarta Graha Ilmu, 2006.

M. D. Herminingtyas and R. Sholihah, “Implementasi algoritma rc4 untuk enkripsi keamanan data,†pp. 1–11, 1987.

I. K. Sudarsana et al., “Paradigma Pedidikan Bermutu Berbasis Teknologi Pendidikan,†Jayapangus Press Books, vol. 0, no. 0, Mar. 2018, Accessed: Sep. 12, 2018. [Online]. Available: http://books.jayapanguspress.org/index.php/publisher/article/view/19.

R. Holmes, “6 Prediksi Tren Media Sosial yang Akan Mengubah Bisnis pada 2019,†2019. https://id.techinasia.com/prediksi-tren-media-sosial-2019 (accessed Sep. 17, 2019).

T. Zebua, “ANALISA DAN IMPELEMENTASI ALGORITMA TRIANGLE CHAIN PADA PENYANDIAN RECORD DATABASE,†Pelita Inform., vol. III, pp. 37–49, Apr. 2013.

T. Limbong, “Pengujian Kriptografi Klasik Caesar Chipper Menggunakan Matlab,†no. Sept., vol. 2017, 2015.

H. Sahara, “Implementasi Pengamanan Pesan Chatting menggunakan Metode Vigenere Cipher dan Cipher Block Chainning,†MEANS (Media Inf. Anal. dan Sist., vol. 3, no. 2, pp. 173–178, 2018.

B. Silaban and T. Limbong, “Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Kriptografi Algoritma Affine Cipher Dan Vigenere Cipher Menggunakan Metode Computer Assisted Instruction,†Media Inf. Anal. dan Sist., vol. 2, no. 2, pp. 14–20, 2017.

A. P. Windarto and A. Sudrajat, “Enhancing Database Transmission Security by Implementing Triangle Chain Cipher Algorithm,†Int. Conf. Res. Soc. Sci. Humanit., 2019.

M. Simanjuntak, T. Pasaribu, and S. Rahmadilla, “Implementasi Algoritma Merkle Hellman untuk Keamanan Database,†MEANS (Media Inf. Anal. dan Sist., vol. 4, no. 1, pp. 46–50, 2019, [Online]. Available: http://ejournal.ust.ac.id/index.php/Jurnal_Means/.

F. Anita, “Implementasi Algoritma Modular Multiplication Based Block Cipher Dalam Mengamankan Data Teks,†MEANS (Media Inf. Anal. dan Sist., vol. 3, no. 2, pp. 121–125, 2018.

Published

2020-11-11

How to Cite

Irawan, Y. (2020). Implementasi Algoritma Triangle Chain Cipher dalam Penyandian Pesan. KAKIFIKOM (Kumpulan Artikel Karya Ilmiah Fakultas Ilmu Komputer), 2(2), 83–92. https://doi.org/10.54367/kakifikom.v2i2.932

Issue

Section

Artikel