BELAS KASIH SEBAGAI FONDASI PASTORAL GEREJA : Suatu Uraian Teologis Moral atas Permenungan Paus Fransiskus dalam Bulla Misericordiae Vultus

Authors

  • Antonius Moa Filsafat, Universitas Katolik Santo Thomas
  • Thery Cholma Filsafat, Universitas Katolik Santo Thomas

DOI:

https://doi.org/10.54367/logos.v18i2.1322

Keywords:

Gereja, dunia, pastoral, belas kasih, kristiani, tubuh Kristus.

Abstract

Sebagai komunitas umat beriman Kristiani, Gereja pertama-tama mesti meng­artikan belas kasih sebagai panggilan untuk bertindak serta berupaya untuk melakukan setiap pelayanan pastoral. Pelayanan pastoral belas kasih merupakan bagian hakiki dari jati diri serta panggilan Gereja di dunia yang dapat diungkapkan lewat sikap berbela rasa dan memperjuang­kan nilai-nilai keadilan. Dengan senantiasa mengutamakan pelayanan pastoral yang berbelas kasih, Gereja dapat menjadi tanda dan sarana cinta kasih Allah yang berakar pada hakikat dan identitasnya sebagai tubuh Kristus dan umat Allah. Belas kasih itulah yang seharusnya menjiwai segala reksa pastoral Gereja, menjadi fondasi bagi setiap karya pastoral Gereja itu sendiri.

Author Biography

Antonius Moa, Filsafat, Universitas Katolik Santo Thomas

Dosen Tetap UNIKA Santo Thomas

References

Benediktus XVI, Paus. Deus Caritas est (Allah adalah Kasih) (Seri Dokumen Gerejawi no.86). Diterjemahkan oleh F.X. Adisusanto. Jakarta: Dokumentasi dan Penerangan KWI – Obor, 2006.

Konsili Vatikan II, “Konstitusi Dogmatis tentang Gereja†(Lumen Gentium), dalam Dokumen Konsili Vatikan II. Diterjemahkan oleh R. Hardawiryana. Jakarta: Dokumentasi dan Penerangan KWI – Obor, 1993.

Konsili Vatikan II, “Konstitusi Pastoral tentang Gereja di Dunia Dewasa Ini†(Gaudium et Spes), dalam Dokumen Konsili Vatikan II. Diterjemahkan oleh R. Hardawiryana. Jakarta: Dokumentasi dan Penerangan KWI – Obor, 1993.

Konsili Vatikan II, “Dekrit tentang Kerasulan Awam†(Apostolicam Actuositatem), dalam Dokumen Konsili Vatikan II. Diterjemahkan oleh R. Hardawiryana. Jakarta: Dokumentasi dan Penerangan KWI – Obor, 1993.

Fransiskus, Paus. Bulla Misericordiae Vultus (Wajah Kerahiman) (Seri Dokumen Gerejawi no. 99B). Diterjemahkan oleh F.X. Adisusanto dan Bernadeta Harini Tri Prasasti. Jakarta: Dokumentasi dan Penerangan KWI – Obor, 2016.

Fransiskus, Paus. Seruan Apostolik ‘Evangelii Gaudium’ (Sukacita Injil) (Seri Dokumen Gerejawi no. 94). Diterjemahkan oleh F.X. Adisusanto dan Bernadeta Harini Tri Prasasti. Jakarta: Dokumentasi dan Penerangan KWI, 2013.

Fransiskus, Paus. Seruan Apotolik ‘Amoris Laetitia’ (Sukacita Kasih) (Seri Dokumen Gerejawi no. 100) Diterjemahkan oleh Komisi Keluarga KWI dan Couples for Christ Indonesia). Jakarta: Departemen Dokumentasi dan Penerangan KWI, 2017.

Surat Apostolik Paus Fransiskus kepada Semua Anggota Lembaga Hidup Bakti pada Per¬ingat¬¬an Tahun Hidup Bakti, 21 November 2014, dalam Tahun Hidup Bakti (Seri Dokumen Gerejawi no.95). Diterjemahkan oleh F.X. Adisusanto dan Bernadeta Tri Prasasti. Jakarta: Dokumentasi dan Penerangan KWI, 2015.

Cahyadi, T.K. Kemurahan Hati: Wajah Allah – Kesaksian Gereja. Yogyakarta: Kanisius, 2016.

Seran, Alfon. Berbahagialah Kamu yang Bermurah Hati Karena Kamu akan Beroleh Kemurahan. Manado: PT Percikan Hati, 2017.

Purnomo, Aloys Budi. Manusia Mendambakan Kasih dan Keadilan. Malang: Dioma, 2003.

Kasper, Walter (ed.). Belas Kasih Allah: Dasar Kitab Suci dan Kunci Hidup Kristiani (Judul asli: Mercy: The Essence of the Gospel and the Key to Christian Life). Diterjemahkan oleh F.X. Hadisumatra. Malang: Karmelindo, 2016.

Heuken, A. Ensiklopedi Gereja, vol. VI. Jakarta: Yayasan Cipta Loka Caraka, 2005.

Gula, Richard M. Etika Pastoral (Judul Asli: Ethics in Pastoral Ministry). Diterjemahkan oleh Wiliam Chang. Yogyakarta: Kanisius, 2009.

Jacobs, Tom. Gereja menurut Vatikan II. Yogyakarta: Kanisius, 1986.

Published

2021-07-05

How to Cite

Moa, A., & Cholma, T. (2021). BELAS KASIH SEBAGAI FONDASI PASTORAL GEREJA : Suatu Uraian Teologis Moral atas Permenungan Paus Fransiskus dalam Bulla Misericordiae Vultus. LOGOS, 18(2), 100–120. https://doi.org/10.54367/logos.v18i2.1322

Issue

Section

Artikel