DOA Jalan Menuju Kontemplasi

Authors

  • Sihol Situmorang Filsafat, Universitas Katolik Santo Thomas SU

DOI:

https://doi.org/10.54367/logos.v16i1.353

Keywords:

Allah, Kristus, Roh Kudus, Gereja, Kristen, doa, meditasi, kontemplasi, budi, jiwa.

Abstract

Doa temasuk bagian integral, pusat dan essensi setiap agama. Sebagai homo religiosus, manusia memiliki tradisi menyangkut pemahaman, penghayatan dan cara berdoa. Di balik aktivitas berdoa, manusia menyadari bahwa kehidupan di dunia ini tidak sepenuhnya berada dalam kontrolnya. Manusia tergantung kepada YANG LAIN, yang oleh Rudolf Otto disebut mysterium tremendum et fascinosum (Misteri yang menggetarkan dan sekaligus menawan). Dalam tradisi Kristen, doa berakar dalam Kitab Suci. Perjanjian Baru, khususnya Injil, menceritakan Yesus sebagai pendoa. Secara khusus dituliskan momen istimewa ketika Yesus berdoa. Ia memilih tempat yang sunyi dan berdoa sepanjang malam. Yesus juga mengkritisi isi dan cara berdoa. Ia mengajarkan doa Bapa Kami yang menjadi salah satu doa pokok Gereja. Relasi personal dengan Allah Bapa-Nya mendasari setiap doa Yesus. Dalam artikel ini dipaparkan beberapa unsur penting dalam doa, yakni apa itu berdoa, cobaan saat berdoa, waktu dan sikap doa, cara berdoa dan menjadi doa. Gagasan tersebut diramu dari pemikiran sejumlah mistikus Kristen awal dan pandangan Bapa-bapa Gereja.

Author Biography

Sihol Situmorang, Filsafat, Universitas Katolik Santo Thomas SU

Dosen Tetap UNIKA Santo Thomas SU

References

Agustin, “On The Psalms†dalam A. Cleveland Coxe (ed) Nicene and

Post-Nicene Fathers vol. 8. USA: Hendrickson Publisher, 1999.

Athanasius. “The Life of Antony†dalam Johannes Quasten dan Joseph C. Plumple, Ancient Christian Writers, The Works of The Fathers in Translation (translated and annotated by Robert T. Meyer). USA: Paulist Press, 1950.

Cassian, John. “Confrence†dalam Philip Schaff dan Henry Wace (ed), Nicene and Post-Nicene Fathers vol 11: Sulpitius Severus, Vincent of Lerins, John Cassian. USA: Hendrickson Publisher, 1999.

Cesarea, Basil of. “On The Holy Spirit†dalam Philip Schaff dan Henry Wace (ed), Nicene and Post-Nicene Fathers vol 8: Basil: Letters and Select Works, (Hendrickson Publisher, USA), 1999.

Clément, Oliver. Alle fonti con i padri, i mistici cristiani delle origini, testi e commento (judul asli: Lex mystiques chrétiens des origines

(diterjemahkan oleh Ornella M. Nobile Ventura). Roma: CittÃ

Nuova, 2001.

Origen, “Prayer†dalam Johannes Quasten dan Joseph C. Plumple,

Ancient Christian Writers, The Works of The Fathers in Translation vol. 19, (translated and annotated by John J. O’Meara), USA: Paulist Press, 1954

Published

2019-11-19

How to Cite

Situmorang, S. (2019). DOA Jalan Menuju Kontemplasi. LOGOS, 16(1), 36–60. https://doi.org/10.54367/logos.v16i1.353