MELACAK PERAN AGAMA DALAM RUANG PUBLIK

Authors

  • Redemptus B. Gora Filsafat, Universitas Katolik Santo Thomas

DOI:

https://doi.org/10.54367/logos.v16i1.562

Keywords:

sekular, postsekular, agama, ruang public

Abstract

Pemikiran Jurgen Habermas tentang masyarakat postsekular harus dimengerti juga dalam kaitannya dengan kebangkitan agama. Dalam masyarakat sekular, lewat proses modernisasi, agama didomestifikasi. Kini dalam zaman postsekular agama bukannya lenyap, sebaliknya justeru menunjukkan potensi semantiknya. Melihat peristiwa itu, Jurgen Habermas meyakini bahwa peran agama dalam ruang publik suatu negara hukum demokratis perlu diperhitungkan. Agama tidak cukup dipandang sebagai artefak kebudayaan yang usang. Penulis berusaha menguraikan bagaimana Habermas menimbang eksistensi dan peran agama itu dalam ruang publik

Author Biography

Redemptus B. Gora, Filsafat, Universitas Katolik Santo Thomas

Dosen Tetap UNIKA Santo Thomas

References

A.B. Menoh, Agama Dalam Ruang Publik; Hubungan Antara Agama dan Negara dalam Masyarakat Postsekuler Menurut Jurgen Habermas, Yogyakarta: Kanisius, 2015.

Adams, Nicholas. Habermas and Theology, Cambridge: Cambridge

University Press, 2006.

Budi Hardiman, F. Demokrasi Deliberatif; Menimbang Negara Hukum dan Ruang Publik dalam Teori Diskursus Habermas, Yogyakarta: Kanisius, 2009.

Budi Hardiman, F. Kritik Ideologi; Menyingkap Pertautan Pengetahuan dan Kepentingan Bersama Jurgen Habermas, Yogyakarta: Kanisius, 2009.

Budi Hardiman, F. Seni Memahami, Yogyakarta: Kanisius, 2015.

Budi Hardiman, F. (ed), Ruang Publik; Melacak “Partisipasi Demokratis†dari Polis sampai Cyberspace, Yogyakarta: Kanisius,2010.

Budi Hardiman, F. Habermas tentang Masyarakat Post-sekular, Jakarta: tidak diterbitkan, 2017

Habermas, Jurgen. Between Naturalism and Religion Cambridge: Polity Press, 2008.

Kleden, Paul Budi dan A Sunarko (ed.), Dialektika sekularisasi; Diskusi Habermas-Ratzinger dan Tanggapan, Maumere: Lamalera, 2010.

Mendieta, Eduardo dan Jonathan (ed.), The Power of Religion in The Public Sphere, Columbia: Columbia University Press, 2011.

Sunarko, A. Teologi Kontekstual, Yogyakarta: Kanisius, 2016.

Published

2019-11-19

How to Cite

Gora, R. B. (2019). MELACAK PERAN AGAMA DALAM RUANG PUBLIK. LOGOS, 16(1), 61–73. https://doi.org/10.54367/logos.v16i1.562