PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH

Authors

  • Risma Hartati STKIP Riama Medan

DOI:

https://doi.org/10.54367/pendistra.v4i1.1334

Abstract

Guru masa kini harus mumpuni dan mampu bersaing secara global. Persaingan global menantang guru lebih kompetitif, berpikir sistematis, logis dan konsisten serta dapat bekerja sama. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan pada pembelajaran IPS di sekolah adalah Model pembelajaran Problem Based Learning. Melalui penerapan model Problem Based Learning dalam Pembelajaran IPS menjadi salah satu pembelajaran berbasis inovasi dan karakter budaya bangsa yang perlu digugu. Pada dasarnya model memberikan penekanan pada penanaman norma, nilai dan karakter sosial budaya bangsa pada diri peserta didik. Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menjadi salah satu solusi untuk dapat memberikan tingkat penguasaan dan kemampuan berpikiri kritis peserta didik.

References

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas

Etin Solihatin dan Raharjo. 2005. Cooperative Learning Analisis Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara

Etin Solihatin. 2007. Cooperatve Learning. Jakarta: Bumi Aksara

Masnur Muslich. 2011. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara

Made Wena. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara

Nurhadi. (2003). Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

Paulina Panen. 2005. Konstruktivisme Dalam Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka

Prayitno dan Afriva Khaidir. 2011. Model Pendidikan Karakter Cerdas. Padang: Penerbit dan Percetakan UNP Press

Pritasari, Ajeng Desi Crisandi. 2011. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis

Siswa Kelas Xl IPA 2 Sekolah Menengah Atas Negeri Yogyakarta Pada Pembelajaran

Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI). Skripsi.

Universitas negeri yogyakarta.

Rusma. 2010. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme: Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sudrajat, A. 2011. Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Jakarta: Rineka Cipta

Saefuddin, A. dan Berdiati, I. 2014. Pembelajaran Efektif. Bandung: Rosdakarya

Splitter, L.J., 1991. Critical Thinking: What, Why, When and How, Educational Philosophy and Theory, 23(1): 89-109

Tan, O.S., 2004. Student’s Experience in Problem Based Learning: Three Blind Mice Episode or Educational Innovation, Innovation in Education and Teaching International, 41:169- 184

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Wina Sanjaya. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Published

2021-07-07

How to Cite

Hartati, R. (2021). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 4(1), 1–12. https://doi.org/10.54367/pendistra.v4i1.1334

Issue

Section

Artikel