PANDANGAN KI HADJAR DEWANTARA DAN IMPLEMENTASI BAGI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MERDEKA BELAJAR

Authors

  • Sri Kurniati SMA Negeri 1 Kisaran

Keywords:

Pendidikan Karakter, Merdeka Belajar, Ki Hadjar Dewantara

Abstract

Merdeka belajar merupakan gagasan yang membebaskan para guru dan siswa dalam menentukan sistem pembelajaran.Tujuan dari merdeka belajar, yaitu menciptakan pendidikan yang menyenangkan bagi siswa dan guru karena selama ini pendidikan di Indonesia lebih menekankan pada aspek pengetahuan daripada aspek keterampilan. Merdeka belajar juga menekankan pada aspek pengembangan karakter yang sesuai dengan nilai-nilai bangsa Indonesia yang menjadikan siswa memiliki karakter pelajar Pancasila. Ki Hadjar Dewantara memandang pendidikan sebagai pendorong bagi perkembangan siswa, yaitu pendidikan mengajarkan untuk mencapai perubahan dan kebermanfaatan bagi lingkungan sekitar. Merdeka belajar merupakan salah satu bentuk implementasi nilai-nilai pembentuk karakter bangsa dimulai yang dari pembenahan sistem pendidikan dan metode belajar. Diharapkan merdeka belajar dapat memberikan perubahan ke arah yang lebih baik serta memberikan manfaat pada lingkungan.

Author Biography

Sri Kurniati, SMA Negeri 1 Kisaran

Dosen

References

Dewantara, Ki Hadjar. (2009). Menuju Manusia Merdeka. Yogyakarta: Leutika.

Dewantara, Ki Hadjar. (2011). Bagian Pertama Pendidikan.Yogyakarta: Majelis Luhur Pesatuan. Dwiarso, Priyo. (2010). Napak Tilas Ajaran Ki Hadjar Dewantara.Yogyakarta: Majelis Luhur Pesatuan.

Haidar Musyafa. (2015). “Sang Guru”. Novel Ki Hajar Dewantara, Kehidupan, Pemikiran, Perjuangan Pendirian Taman Siswa, 1889-1959.Yogyakarta: M. Kahfi.

Kemendikbud. (2019). “Merdeka Belajar: Pokok-Pokok Kebijakan Merdeka Belajar”. Jakarta: Makalah Rapat Koordinasi Kepala Dinas Pendidikan Seluruh Indonesia.

Lickona, T. (1991). Educating for Character. Bantam Books.

Marihandono, Djoko. (2017). Rawe-Rawe Rantas Malang-Malang Putung: Jejak Soewardi Soerjaningrat Hingga Pembuangan. Jakarta: Makalah Seminar “Perjuangan Ki Hadjar Dewantara dari Politik ke Pendidikan.

Merdeka Belajar Menuju Pendidikan Ideal. (2019, Desember 18). Media Indonesia. Diakses dari https://mediaindonesia.com/read/detail/278427-merdeka-belajar-menuju-pendidikan- ideal.

Mudana, I Gusti Agung Made Gede, Membangun Karakter dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Filsafat Indonesia Vol. 2 No. 2 2019 h.75-81.

Sekretariat GTK.(2019, November 25). Mengenal Konsep Merdeka Belajar dan Guru Penggerak. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Diakses dari https://gtk.kemdikbud.go.id/read-news/mengenal-konsep- merdeka-belajar-dan-guru-penggerak.

Soewito, Irna H.N. Hadi. (1985). Soewardi Soerjaningrat dalam Pengasingan. Jakarta: Balai Pustaka.

Sugiarta, I.M.,Mardana.I.B.P, Adiarta, A.,&Artanayasa, I.W. (2019). Filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara (Tokoh Timur). Jurnal Filsafat Indonesia. Vol 2 No 3Tahun 2019 h.124-136.

Tauchid, Muchammad. (2011). Perjuangan dan Ajaran Hidup Ki Hadjar Dewantara. Yogyakarta: Majelis Luhur Tamansiswa Yogyakarta.

Widodo, Bambang. (2017). Biografi: Dari Suwardi Suryaningrat Sampai Ki Hadjar Dewantara. Jakarta: Makalah Seminar “Perjuangan Ki Hadjar Dewantara dari Politik ke Pendidikan.

https://edukasi.sindonews.com/read/769099/780/merdeka-belajar-terus-bergerak-ciptakan-terobosan-pendidikan-indonesia-1652501144?showpage=all

Downloads

Published

2022-07-06

How to Cite

Kurniati, S. . (2022). PANDANGAN KI HADJAR DEWANTARA DAN IMPLEMENTASI BAGI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MERDEKA BELAJAR. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 5(1), 60–74. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/PENDISTRA/article/view/2026

Issue

Section

Artikel