PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF NARASI OEH SISWA KELAS X SMA KATOLIK BUDI MURNI 3 MEDAN

Authors

  • Friska Megawati Manalu FKIP, Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Asnita Hasibuan FKIP, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

DOI:

https://doi.org/10.54367/pendistra.v2i1.492

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran quantum teaching terhadap kemampuan menulis paragraf  narasi. Penelitian ini dilakukan di SMA Katolik Budi Murni 3 Medan, pada semester ganjil tahun pembelajaran 2017/2018.  Metode penelitian ini adalah metode eksperimen  static group comparison dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA  Budi Murni 3 Medan dengan sampel berjumlah 70. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes esai menulis paragraf narasi. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “tâ€.Hasil  penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis karangan narasi  tanpa menggunakan model pembelajaran quantum teaching termasuk  kategori cukup dengan nilai rata-rata 65,00 sedangkan dengan menggunakan model pembelajaran quantum teaching termasuk  kategori baik dengan nilai rata-rata 77,57. Selanjutnya, dengan menggunakan uji t diperoleh t hitung (to) sebesar 6,25, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t  pada taraf signifikan α = 0,05 dengan dk = 68 adalah 1,995. Oleh karena t hitung yang diperoleh lebih besar dari t tabel yaitu 6,25> 1,995. Dengan demikian, terbukti bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan dapat dinyatakan bahwa model pembelajaran quantum teaching  berpengaruh terhadap kemampuan siswa dalam menulis paragraf  narasi oleh siswa kelas  X SMA Katolik Budi Murni 3 Medan tahun pelajaran 2017/2018. Dengan demikian bahwa model pembelajaran ini tepat digunakan dalam proses pembelajaran, khususnya dalam menulis paragraf  narasi.

References

Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, Saifuddin. 2013. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dalman. 2012. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.

Dasmiati. 2013. Pengaruh Model Quantum Teaching Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Medan.

Deporter, Bobbi. 2010. Quantum Teaching. Bandung: Kaifa.

Departemen Pendidikan Nasional. 2012. Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi Kelima). Jakarta: Balai Pustaka.

Istarani. 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Kosasih. 2003. Ketatabahasaan dan Kesustraan. Bandung: CV. Yrama Widya.

Liniarti, Ria. 2015. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar IPS di SMP Negeri 178 Jakarta. Diakses tanggal 10 April 2017.

Noor, Juliansyah. 2011. Metodologi Penelitian. Jakarta: Prenadamedia Group.

Nurgiyantoro, Burhan. 2014. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: Anggota IKAPI.

Semi, Atar. 2007. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Sitohang, Fransiska. 2015. Pengaruh Model Quantum Teaching Terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi Siswa Kelas VII SMP ST. Yoseph Tanjung Selamat Medan Tahun Pelajaran 2014/2015.

Sudijono. 2008. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, Henry Guntur. 2013. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Percetakan Angkasa.

Published

2019-06-29

How to Cite

Manalu, F. M., & Hasibuan, A. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF NARASI OEH SISWA KELAS X SMA KATOLIK BUDI MURNI 3 MEDAN. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 2(1), 23–33. https://doi.org/10.54367/pendistra.v2i1.492

Issue

Section

Artikel