PENGARUH PENGGUNAAN MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIDATO OLEH SISWA KELAS XII SMA SANTO THOMAS 3 MEDAN

Authors

  • Maria Wea FKIP, Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Losten Tamba FKIP, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

DOI:

https://doi.org/10.54367/pendistra.v2i1.493

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model student facilitator and explaining terhadap kemampuan berpidato yang baik. Penelitian ini dilakukan di SMA Santo Thomas 3 Medan pada bulan Agustus 2017. Populasi penelitian ini berjumlah 197 siswa dan sampel diambil dengan teknik simple random sampling sebanyak 80 siswa. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen pos-testonly control designyang dilaksanakan pada dua kelompok. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes lisan dalam bentuk penugasan yaitu berpidato. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “tâ€. Hasil pengolahan data statistik menunjukkan bahwa kemampuan dalam berpidato dengan menggunakan model student facilitator and explaining termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 80.12, sedangkan kemampuan berpidato   tanpa menggunakan model student facilitator and explaining termasuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 63.75 selanjutnya pengujian hipotesis menunjukkan  thitung 6.22 kemudian dikonsultasikan dengan tabel pada taraf signifikan 0.05 dengan dk 78 adalah 1.99. Oleh karena thitung yang diperoleh lebih besar dari ttabel 6,22>1.99 maka terbukti bahwa hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima maka dapat disimpulkan bahwa model student facilitator and explaining berpenggaruh positif terhadap kemampuan berpidato pada siswa kelas XII SMA Santo Thomas 3 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018

References

Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bahar. 2016. Seni Membawakan Pidato dan MC. Yogyakarta: Chivita Books.

Depdiknas. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Pemungkas. 2002. Berbagai Bahasa Indonesia Dalam Perspektif. Yogyakarta: Andi.

Mira. 2012. GarutModel Pembelajaran dengan Menggunakan Model Impromtu Pada Siswa Kelas VIII SMP PGRI Karangpawitan

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Sihotang. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap kemampuan menulis Teks Berita Oleh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bosar Maligas

Simare Mare. 2014. Efektifitas Model Pembelajaran Langsung terhadap Kemampuan Berpidato Siswa Kelas XII SMA Swasta Santa Lusia Sei Rotan

Sundayana. 2014. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sudjono, Anas. 2012. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sumarna. 2016. Naskah Pidato. Klaten: Cable Book.

Henry Guntur. 2008. Berbicara Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa.

Bandung: Angkasa

Published

2019-06-29

How to Cite

Wea, M., & Tamba, L. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIDATO OLEH SISWA KELAS XII SMA SANTO THOMAS 3 MEDAN. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 2(1), 34–45. https://doi.org/10.54367/pendistra.v2i1.493

Issue

Section

Artikel