PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA METHODIST BERASTAGI

Authors

  • Mia Audina Br Surbakti FKIP, Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Berman Hutahaean FKIP, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

DOI:

https://doi.org/10.54367/pendistra.v2i1.495

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pengelolaan kelas terhadap minat dan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas VIII SMP Swasta Methodist Berastagi Tahun Ajaran 2018/2019. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode penelitian Kuantitatif Statistik. Objek dalam penelitian ini adalah siswa/siswi kelas VIII dengan jumlah 106 orang. Sampel penelitian sebanyak 36 siswa ditentukan berdasarkan teknik  purposive sampling. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini  adalah menggunakan angket, dokumen dan wawancara. Sesuai perumusan masalah penelitian ini ditemukan hasil penelitian sebagai simpulan: (1)  minat dan hasil belajar siswa di SMP Swasta Methodist Berastagi sangat kuat 14 orang dan kuat 22 orang; (2) pengelolaan kelas yang dilakukan guru pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SMP Swasta Methodist Berastagi sangat kuat 9 orang dan dan kuat 27 orang; (3) pengaruh pengelolaan kelas terhadap minat dan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas VIII SMP Swasta Methodist Berastagi sudah baik Pengaruh pengelolaan kelas terhadap minat sebesar 24,9% , pengelolaan kelas terhadap hasil belajar 6,6%. 

References

Arifin, Zainal. 2011. Evaluasi Instruksional: Prinsip-Teknik-Prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2017. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rev. Jakarta: Rineka Cipta.

Kridalaksana. 2008. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Mustaqim. 2012. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Jurnal. (n.d.). PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/250577-penggunaan-media-pembelajaran-berbasis-v-4bece778.pdf

Sudarsana, I. K., Dewi, N. L. P. S. S., Sukarmiasih, N. P., Resna, I. K., Arini, I. A. M. P., Restiti, N. W., … Limbong, T. (2018). Paradigma Pedidikan Bermutu Berbasis Teknologi Pendidikan. Jayapangus Press Books, 0(0). Retrieved from http://books.jayapanguspress.org/index.php/publisher/article/view/19

Tonni Limbong. (2018). PENDIDIKAN BERBASIS IT DAN ETIKANYA . Jayapangus Press, 1(1), 52–79.

Supriyono. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Widiasworo, Erwin. 2018. Cerdas Pengelolaan Kelas. Yogyakarta: DIVA Pres.

Zain Aswan & Djamrrah Bahri Syaiful. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Published

2019-06-29

How to Cite

Surbakti, M. A. B., & Hutahaean, B. (2019). PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA METHODIST BERASTAGI. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 2(1), 56–64. https://doi.org/10.54367/pendistra.v2i1.495

Issue

Section

Artikel