PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISIPADA KELAS X-IPS 2

Authors

  • Immanuel D. B. Silitonga Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Dosma J. F. Sirait Universitas Katolik Santo Thomas Medan

DOI:

https://doi.org/10.54367/pendistra.v2i2.599

Abstract

Penelitian ini  merupakan penelitian PTK yang dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang tidak mampu menulis teks eksposisi. Hal ini ditunjukkan dari hasil yang diperoleh oleh siswa. Berdasarkan hasil refleksi awal di kelas X-IPS 2 SMA NEGERI 1 LUMBAN JULU selama ini siswanya masih kurang aktif, dan hasil belajar di kelas X-IPS 2 pada tahun pelajaran 2019/2020 menunjukkan bahwa 67,85% siswa belum mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu nilai 65. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia dengan dilaksanakan penelitian tindakan kelas dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-IPS 2 SMA NEGERI 1 LUMBAN JULU yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, dokumentasi, catatan lapangan, dan tes. Teknik analisis data dengan cara analisis kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat diambil simpulan sebagai berikut: (1) hasil belajar siswa sebelum penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi menulis teks eksposisi tergolong rendah, terbukti dari data tes awal yang diperoleh siswa yaitu: nilai rata-rata tes awal siswa 58,39 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal 32,14% jauh di bawah syarat minimal yaitu sebesar 85%; dan (2) hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi menulis teks eksposisi. Dapat dilihat dari data hasil belajar pada siklus I, nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 68,75 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal 53,57%, sementara pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 86,07 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal 100%

References

Mulyasa, E, 2005. Menjadi Guru Profesional (Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan)â€, Bandung: Remaja Rosdakarya

Samsudin, A. (2012). Peningkatan Kemampuan Menulis Eksposisi Berita dan Menulis Eksposisi Ilustrasi Siswa Kelas V Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Terpadu Membaca dan Menulis. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2), 1-11.

Setyorini, U dkk. 2011. Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 7 (2011), 52-56.

Urhalinah, dkk. 2018. Penerapan Metode Discovery Learning Pada Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi. Jurnal Parole Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 1 (6), 1021-1028.

wisnu nugroho aji. 2016. Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Dengan Metode Inquirydiscovery Learning dan Penggunaan Media Video Pada Siswa Kelas VII G SMP Negeri 3 Colomadu. Jurnal Magistra No. 95. Maret 2016, 34-42

Published

2019-12-27

How to Cite

Silitonga, I. D. B., & Sirait, D. J. F. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISIPADA KELAS X-IPS 2. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 2(2), 109–118. https://doi.org/10.54367/pendistra.v2i2.599

Issue

Section

Artikel