PENGARUH TIPE KEPRIBADIAN (THINKING DAN INTUITING) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS XI SMA CAHAYA MEDAN 2019/2020

Authors

  • Losten Tamba Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Berta Mariani Tarigan Universitas Katolik Santo Thomas Medan

DOI:

https://doi.org/10.54367/pendistra.v3i1.774

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh tipe kepribadian terhadap minat dan hasil belajar bahasa Indonesia kelas XI SMA Cahaya Medan tahun pembelajaran 2018/2019. Metode penelitian ini penelitian survei. Populasi  dalam penelitian berjumlah 115 orang dengan purposive sampling sebanyak 60 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini ditemukan ditemukan bahwa ada pengaruh yang positif antara tipe kepribadian dan minat terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia Kelas XI SMA Cahaya Medan. Implikasi penelitian ini adalah minat belajar yang besar dapat menimbulkan hasil belajar yang tinggi,  demikian sebaliknya. Hal ini mengandung implikasi bahwa tipe kepribadian dan minat belajar mempunyai peran penting untuk meningkatkan hasil belajar. 

References

Arifin, Zainal. Evaluasi Instruksional: Prinsip-Teknik-Prosedur, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011

Bugin, Burhan. 2014. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Kencana Prenada Media.

Hamalik, Oemar. 2014. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Jess Feist & Gregory J. Feist. Teori Kepribadian. Jakarta: Rineka Cipta.

Khairani, Makmun. 2013. Psikologi Belajar. Yogyakarta: CV Aswaja Pressindo.

Khairin & Danim Sudarwan. 2014. Psikologi Pendidikan (Perspektif Baru). Bandung: Alfabeta.

Mustaqim. 2012. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rusdiana. 2015. Pengelolaan Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rev. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, Arikunto. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

_________________2017. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rev. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugandi, A. 2004. Teori Pembelajaran. Semarang: UPT UNNES Press.

Supriyono. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suprijanto.2012. Pendidikan Orang Dewasa. Bandung: Bumi Aksara.

Suryosubroto. 2010. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Syah, Muhibbin. 2015. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ujam Jaenudin. 2018. Tipe Kepribadian. Yogyakarta: DIVA Pres

Published

2020-07-01

How to Cite

Tamba, L., & Tarigan, B. M. (2020). PENGARUH TIPE KEPRIBADIAN (THINKING DAN INTUITING) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS XI SMA CAHAYA MEDAN 2019/2020. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 3(1), 26–38. https://doi.org/10.54367/pendistra.v3i1.774

Issue

Section

Artikel