Pengolahan data Penelitian dengan SPSS

Authors

  • Desinta Purba FIKOM, Universitas Katolik Santo Thomas
  • Tiffany Prayoga Ziraluo Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi Unika Santo Thomas
  • Glory Saur Ria Sagala Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Unika Santo Thomas

Abstract

Penelitian naturalis tidak terlepas dari data penelitian. Hasil penelitian ditentukan berdasarkan data yang dikumpulkan pada saat penelitian. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan instrument. Instrument yang digunakan secara umum dengan menggunakan kuesioner. Di Perguruan Tinggi ITMI, program rutin yang dilakukan setiap tahunnya adalah melaksanakan seminar yang sifatnya membantu mahasiswa dalam penyelesaian tugas akhir/ skripsi. Skripsi mahasiswa sebagian besar penelitian naturalis dengan menggunakan data primer. Untuk mengolah data penelitian dapat dilakukan dengan bantuan aplikasi SPSS. Minimnya pemahaman mahasiswa dalam penggunaan aplikasi SPSS menjadi kendala yang dihadapi mahasiswa dalam penyusunan laporan penelitian. Seminar ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa dalam mengolah data penelitian dengan menggunakan SPSS, mempercepat waktu pengolahan data penelitian yang secara tidak langsung akan mempercepat waktu penyelesaian tugas akhir. Yang menjadi manfaat kegiatan ini adalah  diharapkan dapat mengubah pola pikir/ membuka pikiran mahasiswa untuk mengolah data penelitian dengan menggunakan SPSS, menjadi salah satu wadah yang membantu mahasiswa dalam penyelesaian tugas akhir.

Author Biography

Desinta Purba, FIKOM, Universitas Katolik Santo Thomas

Dosen Tetap UNIKA Santo Thomas

References

T. Limbong and A. H. Hasugian, “Aplikasi E-Directory Berkas Tridharma Kinerja Dosen Dalam Peningkatan Kualitas Layanan Perguruan Tinggi,†in Seminar Nasional Ilmu Komputer (SNIKOM 2016), ISBN, 2016, pp. 602–978.

P. PENGGUNAAN SPSS BAGI GURU UNTUK PENELITIAN KUANTITATIF Rohana, N. Surmilasari, P. Fitriasari, and N. Sari, “Pelatihan Penggunaan SPSS Bagi Guru untuk Penelitian Kuantitatif,†Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 3, no. 1, pp. 89–94, May 2019, Accessed: Jul. 01, 2021. [Online]. Available: http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS

B. Rika, A. Febrilia, and D. U. Setyawati, “WORKSHOP PENGOLAHAN DATA MENGGUNAKAN SPSS BAGI MAHASISWA UNIVERSITAS PENDIDIKAN MANDALIKA,†Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 3, no. 2, pp. 232–239, Oct. 2020, doi: 10.31604/jpm.v3i2.232-239.

S. Zein, L. Yasyifa, R. Ghozi, E. Harahap, F. Badruzzaman, and D. Darmawan, “PENGOLAHAN DAN ANALISIS DATA KUANTITATIF MENGGUNAKAN APLIKASI SPSS,†2019. doi: 10.31980/TP.V4I1.529.

M. Hasyim, T. Listiawan, and S. PGRI Tulungagung, “PENERAPAN APLIKASI IBM SPSS UNTUK ANALISIS DATA BAGI PENGAJAR PONDOK HIDAYATUL MUBTADI’IN NGUNUT TULUNGAGUNG DEMI MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DAN KREATIVITAS KARYA ILMIAH GURU,†2014. doi: 10.29100/J-ADIMAS.V2I1.296.

“Sugiyono 2012 Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R D Bandung Alfabeta | Course Hero.†https://www.coursehero.com/file/p1io3ei/Sugiyono-2012-Metode-Penelitian-Kuantitatif-kualitatif-dan-R-D-Bandung-Alfabeta/ (accessed Oct. 24, 2019).

Downloads

Published

2021-07-05

Issue

Section

Artikel