Auditor IT dan Pengawasan pada Ujian Psikologi Seleksi Penerimaan Anggota POLRI Bintara PTU dan BAKOMSUS T.A 2021 Panitia Daerah Kepolisian Daerah Sumatera Utara

Authors

  • Tonni Limbong FIKOM, Universitas Katolik Santo Thomas
  • Lamhot Sitorus FIKOM, Universitas Katolik Santo Thomas
  • Sada Ukur Br Tarigan Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi Unika Santo Thomas

DOI:

https://doi.org/10.54367/ulead.v1i1.1310

Abstract

Kepolisian Negara Republik Indonesia (disingkat Polri) adalah Kepolisian Nasional di Indonesia, yang bertanggung jawab langsung di bawah Presiden. Polri mempunyai moto Rastra Sewakotama yang artinya Abdi Utama bagi Nusa Bangsa.  Kepolisian Daerah Sumatra Utara atau Polda Sumatra Utara (dulu bernama Komando Daerah Kepolisian (Komdak atau Kodak) II/Sumatra Utara), biasa disebut pula Poldasu, merupakan pelaksana tugas Polri di wilayah Provinsi Sumatra Utara. Polda Sumut terklasifikasi sebagai polda tipe A. dalam upaya meningkatkan pelayanan publik dan transparansi Penerimaan Anggota Polri, Polda Sumut menggagas Aplikasi "Sistem Informasi Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis" disingkat sebagai SI BETAH dalam proses pendaftaran. Tes psikologi atau yang sering juga disebut sebagai psikotes adalah tes untuk mengukur aspek individu secara psikis. Tes dapat berbentuk tertulis, visual atau evaluasi secara verbal yang teradministrasi untuk mengukur fungsi kognitif dan emosional. IT Audit adalah bentuk pengawasan dan pengendalian dari infrastruktur teknologi informasi untuk mengevaluasi sistem informasi perusahaan. Evaluasi yang dilakukan biasanya harus dapat memberikan keyakinan bahwa aset perusahaan dapat terjaga. Begitu pula integritas data, serta operasi perusahaan dapat berjalan secara efektif dan efisien untuk memenuhi tujuan perusahaan. Pelaksanaan ujian tes psikolog menggunakan aplikasi CAT dengan standar bahwa nilai yang Memenuhi Syarat adalah nilai 61 ke atas, jika nilai di bawah 61 dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat dan tidak berhak mengikuti ujian berikutnya, diman fokus materi ujian yakni Kecerdasan, Kepribadian, Minat dan Sikap kerja..

Author Biography

Tonni Limbong, FIKOM, Universitas Katolik Santo Thomas

Dosen Tetap UNIKA Santo Thomas

References

“Kepolisian Negara Republik Indonesia - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas.†https://id.wikipedia.org/wiki/Kepolisian_Negara_Republik_Indonesia (accessed Jul. 02, 2021).

“Website Resmi Polri.†https://www.polri.go.id/tentang-lambang (accessed Jul. 02, 2021).

“Sejarah.†http://www.sumut.polri.go.id/tentang/sejarah (accessed Jul. 02, 2021).

“Polda Sumut.†http://www.sumut.polri.go.id/ (accessed Jul. 02, 2021).

“Website Resmi Polri.†https://www.polri.go.id/rekrutmen (accessed Jul. 02, 2021).

“Penerimaan Anggota Polri.†https://penerimaan.polri.go.id/ (accessed Jul. 02, 2021).

T. Limbong and I. K. Suardana, “Implementasi Konsep ‘BETAH’ dalam Pelaksanaan Ujian Akademik Penerimaan Polri Terpadu Polda Sumatera Utara berbasis Komputer dan Manual,†Media Informasi Analisa dan Sistem, vol. 3, no. 1, pp. 6–11, 2018, doi: 10.13140/RG.2.2.30058.82884.

“Penerimaan Anggota Polri.†https://penerimaan.polri.go.id/ (accessed Jul. 02, 2021).

“IT Audit - ITGID | IT Governance Indonesia.†https://itgid.org/it-audit/ (accessed Jul. 02, 2021).

“Mengenal Pentingnya Audit Teknologi Informasi - Blog Gamatechno.†https://blog.gamatechno.com/mengenal-pentingnya-audit-teknologi-informasi/ (accessed Jul. 02, 2021).

“FUNGSI TES PSIKOLOGI.†https://nsd.co.id/posts/10002-fungsi-tes-psikologi.html (accessed Jul. 02, 2021).

“Tujuan dan Manfaat Tes Psikologi.†https://www.konsultanpsikologijakarta.com/tujuan-dan-manfaat-tes-psikologi/ (accessed Jul. 02, 2021)

Downloads

Published

2021-07-05

How to Cite

Limbong, T., Sitorus, L., & Tarigan, S. U. B. . (2021). Auditor IT dan Pengawasan pada Ujian Psikologi Seleksi Penerimaan Anggota POLRI Bintara PTU dan BAKOMSUS T.A 2021 Panitia Daerah Kepolisian Daerah Sumatera Utara. ULEAD : Jurnal E-Pengabdian, 1(1), 18–23. https://doi.org/10.54367/ulead.v1i1.1310

Issue

Section

Artikel