Penyuluhan Strategi Pemasaran Digital Kerajinan Tenun Ulos di Kampung Ulos Hutaraja Desa Lumban Suhi-Suhi Toruan Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir Sumatera Utara

Authors

  • Andy Paul Harianja FIKOM, Universitas Katolik Santo Thomas
  • Jeremy Sisto Manurung Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi Unika Santo Thomas
  • Simon Kevin Siregar Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Unika Santo Thomas
  • Serlia Sinaga Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Unika Santo Thomas

DOI:

https://doi.org/10.54367/ulead.v1i1.1326

Abstract

Pemasaran produk kerajinan khususnya produk ulos di Kampung Ulos Hutaraja masih dilakukan secara manual. Daya tawar produk ulos ini jelas kalah bersaing dengan produk lain yang sudah memanfaatkan teknologi. Situasi ini membuat masyarakat mengalami kesulitan dalam memasarkan produk ulos mereka. Persoalan ini menarik  untuk dikaji dan menjadi dasar dalam melakukan pengabdian masyarakat dalam bentuk penyuluhan pemasaran digital kerajinan tenun ulos. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberi bantuan kepada masyarakat dalam pemasaran produk ulos. Kegiatan ini dilakukan agar masyarakat Kampung Ulos bisa terbantu secara sosial ekonomi   dan kesadaran kritisnya tumbuh terkait dengan kemajuan teknologi.  Kegiatan ini juga bertujuan menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya melibatkan kaum muda untuk terlibat secara aktif dalam pelestarian budaya daerah.    Bantuan penyuluhan yang diberikan juga membantu meningkatkan pendapatan masyarakat kampung ulos dengan peluang pemasaran yang lebih besar melalui pemanfaatan teknologi.

Author Biography

Andy Paul Harianja, FIKOM, Universitas Katolik Santo Thomas

Dosen Tetap UNIKA Santo Thomas

References

Kader Mukhtar Abdul, “Model Pemasaran Digital Marketing FB_Ads dan Email Marketing Dalam Meningkatkan Volume Penjualan,†J. ilmu Manaj., vol. 5, no. 2, 2018.

M. Simanjuntak and I. M. Sukresna, “Peningkatan Kinerja Pemasaran Digital Melalui Technology Acceptance Model,†Pros. 11th Ind. Res. Work. Natl. Semin., vol. 11, no. 1, 2020.

F. A. Werry, “PENGARUH PEMASARAN DIGITAL DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN,†Pengaruh Pemasar. Digit. Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kualitas Pembelian, 2020.

C. Nisa, H. Wulandjani, Dian Riskarini, and Naomi Meidiawaty Situmorang, “Memaksimalkan Program Smart Village Melalui Implementasi Pemasaran Digital bagi Warga Desa Kemuning,†SULUH J. Abdimas, vol. 2, no. 2, 2021, doi: 10.35814/suluh.v2i2.1909.

K. K. Rafiah and D. H. Kirana, “Analisis Adopsi Media Sosial Sebagai Sarana Pemasaran Digital Bagi UMKM Makanan dan Minuman di Jatinangor,†Jesya (Jurnal Ekon. Ekon. Syariah), vol. 2, no. 1, 2019, doi: 10.36778/jesya.v2i1.45.

B. Suprayogi and A. Razak, “Implementasi Pemasaran Digital Dalam Meningkatkan Pendapatan Pelaku Umkm Pamokolan Ciamis,†Simp. Nas. Ilm., 2019.

D. Strategy, “Strategi Pemasaran Digital dan Langkah-Langkahnya - Digital Marketing Agency | Strategy Marketing Mix Jakarta, Indonesia.†https://www.dimakstrategy.com/strategi-pemasaran-digital-dan-langkah-langkahnya/ (accessed Jul. 04, 2021).

Downloads

Published

2021-07-05

How to Cite

Harianja, A. P., Manurung, J. S. ., Siregar, S. K. ., & Sinaga, S. . (2021). Penyuluhan Strategi Pemasaran Digital Kerajinan Tenun Ulos di Kampung Ulos Hutaraja Desa Lumban Suhi-Suhi Toruan Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir Sumatera Utara. ULEAD : Jurnal E-Pengabdian, 1(1), 24–28. https://doi.org/10.54367/ulead.v1i1.1326

Issue

Section

Artikel