Pemanfaatan Media Pembelajaran di Era New Normal pada Sekolah MIS Al-Hidayah CK

Authors

  • Sarwandi Sarwandi Universitas Budi Darma Medan
  • Meryance V Siagian Universitas Budi Darma Medan
  • Norenta Sitohang Universitas Budi Darma Medan
  • Murdani Murdani Universitas Budi Darma Medan

Keywords:

Utilization, Learning Media, Covid-19, Learning, Online

Abstract

Pemanfaatan media pembelajaran di era new normal pada dunia pendidikan saat ini sangat dibutuhkan guna meningkatkan kualitas dan mutu di dalam pendidikan. Pada masa pandemi covid-19 sekarang ini seluruh pendidikan mengharuskan pembelajaran terjadi secara online. Pandemi covid-19 ini telah menyerang hampir tiga tahun lebih sejak 2019 lalu. Sehingga dunia pendidikan mengharuskan memperbaharui cara mengajar, serta penggunaan teknologi yang sangat penting. MIS AL-HIDAYAH CK merupakan institusi pendidikan yang berusaha memanfaatkan perkembangan teknologi agar proses pembelajaran berlangsung secara efektif terkhususnya pada setiap pembelajaran berlangsung. Pemanfaatan di MIS AL-HIDAYAH CK ini sudah ada sejak sebelum terjadinya covid-19, tetapi belum digunakan secara semaksimal mungkin, karena banyak kendala yang dihadapi oleh para guru dalam mengaplikasikannya di dalam pembelajaran. Seperti para guru belum memahami media-media pembelajaran yang sering digunakan yakni Microsoft Power Point, para guru belum mengerti cara membuat media pembelajaran yang menarik perhatian para siswa, sehingga siswa merasa bosan dengan pembelajaran biasa. Oleh karena itu pemanfaatan media pembelajaran terkhusus aplikasi Microsoft PowerPoint merupakan alternatif bagi permasalahan tersebut, di mana dengan menggunakan aplikasi tersebut para guru dapat merubah proses belajar mengajar yang dirancang sedemikian sehingga menjadi media pembelajaran yang menarik secara daring maupun luring. Oleh karena itu, pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan tim adalah melakukan pelatihan pemanfataan media pembelajaran di era new normal di MIS AL-HIDAYAH CK sebagai sarana untuk mengembangkan kemampuan para guru dalam memberikan pembelajaran terbaik di dalam kelas.

References

A. R. Mansyur, “Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran Di Indonesia,” Educ. Learn. J., 2020, doi: 10.33096/eljour.v1i2.55.

Firman, “Dampak Covid-19 terhadap Pembelajaran di Perguruan Tinggi,” Bioma, 2020.

C. Engko and P. Usmany, “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online,” J. Akunt., 2020.

A. Purwanto et al., “Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar,” EduPsyCouns J. Educ. Psychol. Couns., 2020.

U. M. Kudus, “Pandemi COVID-19 dan Online Learning: Apakah Berpengaruh Terhadap Proses Pembelajaran pada Kurikulum 13?,” J. Ind. Eng. Manag. Res., 2020.

R. Dhanta, Pengantar Ilmu Komputer. Surabaya: Indah, 2009.

N. Samania, Nirsal, and R. Y. Fa’rifah, “Rancang Bangun Aplikasi E-Voting Pemilihan Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Informatika (Hmti) Universitas Cokroaminoto Palopo Berbasis Website,” J. Chem. Inf. Model., 2020.

N. Monica, S. Sarkum, and I. Purnama, “Aplikasi Data Mahasiswa Berbasis Android: Studi Pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Labuhanbatu,” IT J. Res. Dev., 2018, doi: 10.25299/itjrd.2018.vol3(1).1849.

N. Hasanah, “Pelatihan Penggunaan Aplikasi Microsoft Power Point Sebagai Media Pembelajaran pada Guru SD Negeri 050763 Gebang,” J. Pengabdi. Kpd. Masy., 2020.

B. Fitri Rahmawati, “Penggunaan Media Interaktif Power Point Dalam Pembelajaran Daring,” Fajar Hist. J. Ilmu Sej. dan Pendidik., 2020, doi: 10.29408/fhs.v4i2.3135.

Downloads

Published

2022-07-12

Issue

Section

Ilmu Komputer