Pelatihan Pembuatan Aplikasi Mobile Berbasis Android pada SMA Swasta Deli Murni Sibolangit

Authors

  • Romanus Damanik FIKOM, Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Cahaya Pria Dison Sinurat Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi Unika Santo Thomas
  • Kevin Manuel Rajaguguk Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Unika Santo Thomas

DOI:

https://doi.org/10.54367/ulead.v2i1.2045

Keywords:

Aplikasi Mobile, Android, SMA Swasta Deli Murni, Sibolangit

Abstract

Permasalahan pada SMA Swasta Deli Murni Sibolangit, sebagai sebuah lembaga pendidikan berperan besar dalam mempersiapkan generasi milenial yang segera terlibat dalam era digital dan smartphone saat ini secara khusus di era revolusi industri 4.0, akan dihadapkan pada tantangan bagaimana mempersiapkan generasi muda tersebut untuk menerima perubahan yang terjadi dengan segala konsekuensinya Tujuan Pengabdian pada masyarakat ini adalah untuk membuka wawasan peserta terkait dengan revolusi industry 4.0 yang terjadi saat ini, serta bagaimana mereka bisa mempersiapkan diri untuk beradaptasi pada perubahan tersebut. Metode pengabdian pada masyarakat ini dilaksakan dengan penyuluhan pada siswa SMA Swasta Deli Murni Sibolangit kelas XII, melalui langkah-langkah pencapaian tujuan dengan penyuluhan yang berkelanjutan dan metode evaluasi dengan mengamati tren perilaku remaja dalam penggunakan teknologi sebagai sarana untuk berpartisipasi dalam era disrupsi saat ini, serta yang menjadi tolak ukur pencapaian tujuan adalah melek teknologi semakin merata dikalangan remaja khususnya di daerah pedesaan. Hasil dan kesimpulan dari kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah pemahaman baru dari peserta untuk senantiasa bisa mengupdate ilmu yang sangat cepat berubah seiring dengan perkembangan teknologi. Diharapkan kegiatan serupa dapat secara rutin dilaksanakan sebagai salah satu upaya untuk membuka wawasan siswa.

Author Biography

Romanus Damanik, FIKOM, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Dosen

References

Dayat Suryana. 2018. Android Studio: Belajar Android Studio.Bandung: Pustaka Kreatif

Don, Pengertian Android dan Fungsinya, Agustus 21, 2010. (accessed 19 Juni 2020).

Fanani, A.Z., Arry Maulana Syarif. (2016), Mudah Membuat Mobile Application dengan Flash Lite 3.0. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Ladjamudin, Al-Bahra. 2012. Analisis Dan Desain Sistem Informasi. Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta

Downloads

Published

2022-07-12

How to Cite

Damanik, R. ., Sinurat, C. P. D. ., & Rajaguguk, K. M. . (2022). Pelatihan Pembuatan Aplikasi Mobile Berbasis Android pada SMA Swasta Deli Murni Sibolangit. ULEAD : Jurnal E-Pengabdian, 2(1), 40–42. https://doi.org/10.54367/ulead.v2i1.2045

Issue

Section

Ilmu Komputer