Margin Pemasaran dan Transmisi Harga Komoditi Jahe

Authors

  • Julia Hutauruk Fakultas Pertanian, Universitas Katolik Santo Thomas

Keywords:

produk, margin, elastisitas, komoditi

Abstract

Jahe merupakan komoditas tanaman obat yang banyak diminati saat ini baik oleh pasar dalam negeri maupun luar negeri. Tanaman jahe memiliki peluang potensial pada masa pandemi seperti saat ini karena jahe banyak dicari oleh masyarakat untuk dijadikan sebagai obat atau ramuan tradisional penambah daya tahan tubuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya biaya pemasaran, sebaran harga, dan bagian yang diterima masing-masing lembaga dan transmisi harga serta efisiensi pada saluran pemasaran jahe di daerah penelitian. Penentuan daerah penelitian dilakukan secara Puposive atau sengaja yaitu di desa Amborgang. Dalam penelitian ini, metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan tabulasi sederhana untuk margin pemasaran. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa ada 2 saluran pemasaran jahe yang terdapat di daerah penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saluran yang paling efisien adalah saluran pemasaran IIA. Elastisitas transmisi harga menunjukkan bahwa kedua saluran tersebut adalah inelastis.

Author Biography

Julia Hutauruk, Fakultas Pertanian, Universitas Katolik Santo Thomas

Dosen Tetap UNIKA Santo Thomas

References

Abidin,1991 Saluran Pemasaran Pertanian. Jasa Guna. Jakarta.

Azzaino, 1982. Manajemen Pemasaran, PT Raja Grafinda, Jakarta.

Daniel, 2002. Pengantar Ekonomi Pertanian. Cetakan Pertama. PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Dinas Tanaman Pangan, 2020. Pemasaran Jahe pada masa pandemi. Semarang.

Hasrul,2019.Penanaman Jahe. Rajawali Press. Jakarta.

Paimin et al, 2004. Budidaya Jahe. Penerbit Kanisius. Yogyakarta

Rukmana R, 2000. USAHA TANI JAHE Dilengkapi dengan pengolahan jahe segar, Seri Budi Daya. Penerbit Kanisius, Yogyakarta.

Published

2021-09-28

How to Cite

Hutauruk, J. (2021). Margin Pemasaran dan Transmisi Harga Komoditi Jahe. Jurnal Agriust, 1(2), 65–68. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/AGRIUST/article/view/1436

Issue

Section

Artikel