Analisis Nilai Tambah dan Strategi Pemasaran Agroindustri Donat Kentang
DOI:
https://doi.org/10.54367/agriust.v2i2.2254Keywords:
Nilai tambah, strategi pemasaran, donat kentangAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk :Menganalisis nilai tambah produk yang dihasilkan oleh agroindustri dari kentang segar menjadi donat kentang, dan Merumuskan strategi alternatif pemasaran agroindustri donat kentang di daerah penelitian. Lokasi penelitian dipilih secara sengaja, yaitu menemui langsung pengusaha donat kentang. Sampel dalam penelitian dipilih secara sensus dan tidak dilakukan secara acak. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa data primer (wawancara). Tujuan pertama dianalisis dengan menggunakan rumus nilai tambah, kemudia dijelaskan secara kualitatif. Tujuan kedua dianalisis dengan menggunakan analisis SWOT. Hasil analisis nilai tambah yang diperoleh dari pengolahan kentang menjadi donat kentang adalah Rp 12.812,5/kg dengan rasio nilai tambah terhadap outputnya sebesar 52% artinya untuk mengolah 1 kg kentang menjadi donat kentang akan memberikan nilai tambah sebesar 52%. Nilai tambah ini menguntungkan bagi perusahaan donat kentang. Strategi pemasaran agroindustri donat kentang di Kota Madya Medan yakni menerapkan program meningkatkan dan memperbanyak inovasi dan program sistem pemasaran produk.References
Badan Pusat Statistik dan Direktorat Jenderal Hortikultura, 2020. Produksi Tanaman Sayuran di Indonesia. http://www.bps.go.id. Diakses pada tanggal 22 Januari 2022.
Hardjanto, W. (1991). Sistem Komoditi Dalam Agribisnis, Sebuah Konsep Pengantar Diskusi. LP3UK IPB, Bogor.
Khoiriyah, N. R., Ariyani, A. H. ., & Fauziyah, E. (2012). Strategi Pengembangan Agroindustri Kerupuk Terasi. Jurnal Agriekonomika, 1(2), 135–148. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21107/agriekonomika.v1i2.357
Kotler, P. dan Amstrong. 2006. Prinsipprinsip Pemasaran. Erlangga. Jakarta.
Pasaribu, L. (2008). Analisis Strategi Pemasaran Susu UHT (Ultra High Temperature) (Studi Kasus: PT. ULTRAJAYA Tbk, Bandung). Skripsi. Fakultas Pertanian. IPB. Bogor.
Sudiyono A.2004.Pemasaran pertanian.Universitas Muhammadiyah. Malang