Analisis Nilai Tambah dan Strategi Pemasaran Agroindustri Donat Kentang

Authors

  • Julia Hutauruk Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Julinawati Wau Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Keywords:

Nilai tambah, strategi pemasaran, donat kentang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk :Menganalisis nilai tambah produk yang dihasilkan oleh agroindustri dari kentang segar menjadi donat kentang, dan Merumuskan strategi alternatif pemasaran agroindustri donat kentang di daerah penelitian. Lokasi penelitian dipilih secara sengaja, yaitu menemui langsung pengusaha donat kentang. Sampel dalam penelitian dipilih secara sensus dan tidak dilakukan secara acak. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa data primer (wawancara). Tujuan pertama dianalisis dengan menggunakan rumus nilai tambah, kemudia dijelaskan secara kualitatif. Tujuan kedua dianalisis dengan menggunakan analisis SWOT. Hasil analisis nilai tambah yang diperoleh dari pengolahan kentang menjadi donat kentang adalah  Rp 12.812,5/kg dengan rasio nilai tambah terhadap outputnya sebesar 52% artinya untuk mengolah 1 kg kentang menjadi donat kentang akan memberikan nilai tambah sebesar 52%. Nilai tambah ini menguntungkan bagi perusahaan donat kentang. Strategi pemasaran agroindustri donat kentang di Kota Madya Medan yakni menerapkan program meningkatkan dan memperbanyak inovasi dan program sistem pemasaran produk.

Author Biography

Julia Hutauruk, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Dosen

References

Badan Pusat Statistik dan Direktorat Jenderal Hortikultura, 2020. Produksi Tanaman Sayuran di Indonesia. http://www.bps.go.id. Diakses pada tanggal 22 Januari 2022.

Hardjanto, W. (1991). Sistem Komoditi Dalam Agribisnis, Sebuah Konsep Pengantar Diskusi. LP3UK IPB, Bogor.

Khoiriyah, N. R., Ariyani, A. H. ., & Fauziyah, E. (2012). Strategi Pengembangan Agroindustri Kerupuk Terasi. Jurnal Agriekonomika, 1(2), 135–148. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21107/agriekonomika.v1i2.357

Kotler, P. dan Amstrong. 2006. Prinsipprinsip Pemasaran. Erlangga. Jakarta.

Pasaribu, L. (2008). Analisis Strategi Pemasaran Susu UHT (Ultra High Temperature) (Studi Kasus: PT. ULTRAJAYA Tbk, Bandung). Skripsi. Fakultas Pertanian. IPB. Bogor.

Sudiyono A.2004.Pemasaran pertanian.Universitas Muhammadiyah. Malang

Downloads

Published

2022-11-01

How to Cite

Hutauruk, J. ., & Wau, J. . (2022). Analisis Nilai Tambah dan Strategi Pemasaran Agroindustri Donat Kentang. Jurnal Agriust, 2(2), 58–66. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/AGRIUST/article/view/2254

Issue

Section

Artikel