Efesiensi Usahatani Padi Sawah Pada Musim Hujan dan Musim Kemarau

Authors

  • Stefanus Deras Fakultas Pertanian Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Melisa Gultom Fakultas Pertanian Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Keywords:

efisiensi, Output Input Ratio, musim hujan, musim kemarau

Abstract

Tanaman padi sawah secara umum diusahakan pada sawah berpengairan teknis, dan non teknis, namun ada juga yang diusahakan pada  sawah tadah hujan. Masalah penelitian “seberapa besar efisiensi usahatani pada musim kemarau dan musim hujan dari segi output input ratio usahatani. Populasi penelitian adalah semua petani yang mengusahakan padi sawah pada kedua musim dengan karakter luas lahan yang berbeda. Sampel ditetapkan secara stratified random sampling atas dasar luas lahan yang diusahakan. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan perhitungan efisiensi secara ekonomi dengan metode Output Input Ratio. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produktivitas dan pendapatan usahatani padi sawah pada musim kemarau lebih tinggi daripada musim hujan; sedangkan biaya produksi pada musim hujan lebih tinggi daripada musim kemarau. Pada musim hujan OIR sebesar 1,099 < OIR pada musim kemarau sebesar 1,696. Dapat disimpulkan pada kondisi penelitian ini ternyata usahatani padi sawah lebih efisien pada musim kemarau daripada musim hujan.

Author Biography

Stefanus Deras, Fakultas Pertanian Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Dosen

References

Anonimus 2017. Sumut Dalam Angka. Badan Pusat Statistik. Medan.

Anonimus 2017. Data terbaru yang terkait produksi, luas panen serta populasi sub sektor Kementerian Pertanian selama lima tahun. Kementerian Pertanian Republik Indonesia.Jakarta.

AKK. 1973. Tanaman Padi, Aksi Agraris Kanisius, Yayasan Kanisius Yogyakarta.

Anonimus 2018. Prakiraan musim hujan dan musim kemarau di Indonesia. BMKG.

. Jakarta

Fremar. et al. 2016. Analisis Pendapatan Usahatani Padi Sawah Berdasarkan Musim Panen di Kelurahan Taratara satu Kecamatan Tomohon Barat Kabupaten Tomohon. Jurnal Agribisnis. Universitas Sam Ratulangi. Sulawesi Utara.

Jonathan, 2015. Analisis faktor – faktor yang mempengaruhi pedapatan petani padi sawah (studi kasus : petani padi sawah, kec. rawang panca arga, kab. Asahan). Skripsi. Program studi agribisnis. Fakultas Pertanian. Universitas Sumatera Utara Medan.

Mubyarto, 1985. Pengantar Ekonomi Pertanian. PT. Gramedia. Jakarta

Muhammad, Fachri. 2016. Perbedaan Produksi Dan Pendapatan Usahatani Padi Sawah Sistem Irigasi Teknis Dengan Sistem Pompanisasi. Jurnal. Program Studi Agribisnis. Universitas Sumatera Utara

Downloads

Published

2023-03-21

How to Cite

Deras, S. ., & Gultom , M. . (2023). Efesiensi Usahatani Padi Sawah Pada Musim Hujan dan Musim Kemarau. Jurnal Agriust, 3(1), 32–37. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/AGRIUST/article/view/2581

Issue

Section

Artikel