Intervensi Penyuluhan Pertanian Dalam Pemberdayaan Sosial Dan Ekonomi Kelompok Tani Padi Sawah Di Desa Wonosari Deli Serdang Sumatera Utara

Authors

  • Stefanus Deras Program Studi Agribisnis Universitas Katolik Santo Thomas
  • Jalani Marpaung Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Unika Santo Thomas

Keywords:

intervensi, perubahan sosial, perubahan ekonomi

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk menguraikan bentuk intervensi penyuluh perta-nian kepada poktan padi sawah dan (2) Untuk  menganalisis perubahan kehidupan sosial dan ekonomi pasca intervensi penyuluhan pertanian. Populasi penelitian adalah petani yang tergabung dalam kelompok tani. Sampel petani ditetapkan 40 orang dan 3 orang dari unsur pemerintah. Data dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian memperlihatkan perubahan sosial ekonomi petani setelah intervensi penyuluhan pertanian meliputi: (a) Mampu menangkar benih berkualitas, pengendalian hama penyakit tanaman, membuat perencanaan, pemulihan lahan yang rusak, pengoperasian mesin pertanian, dan pengelolaan pendapatannya, (b) Tumbuhnya minat diskusi kelompok, dan penerapan anjuran dari penyuluh, (c) Kemudahan dalam mencari modal tambahan, (f) Penanaman serentak, (g) Kegairahan petani dalam budidaya tanaman padi, (i) Penurunan biaya usahatani, (j) Peningkatan pendapatan usahatani (k) Mampu menerapkan indeks pola tanam IP-200, yang berdampak pada meningkatnya pendapatan usahatani sebesar Rp 51.276.334/ha/tahun.

Author Biography

Stefanus Deras, Program Studi Agribisnis Universitas Katolik Santo Thomas

Dosen

References

Boediman Hardjomarsono. 2014. Teori dan Metode Intervensi Sosial. Tangerang Selatan: Universitas terbuka.

Dedy [Prayogi, 2017]. Pemberdayaan Petani Oleh Penyuluh Untuk Pengembangan Usaha Tani Padi Organik Di Desa Pondok Kecamatan Nguter Kabupaten Sukoharjo Jawa Tengah. Tesis Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Ferystiawan, Mirza. 2015. “Intervensi Penyuluh Pertanian dalam Pemberdayaan Sosial Ekonomi Gabungan Kelompok Tani di Asembagus Situbondo.” Skripsi. Program Studi Sosiologi Universitas Jember.

Ibrahim. 2003. Perencanaan Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Irmayanti. 2013. Intervensi Penyuluh Pertanian dalam Pemberdayaan Sosial Ekonomi Kelompok Tani. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik UNHAS.

Johnson, Louise C. 2014. Social Work Practice – A Generalist Approach, Allyn And Bacon, Inc, Boston, London, Sydney, Toronto.

Kartono, 2008. Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Mabrur. 2010. Metode Intervensi. Tugas individu jurusan Sosiologi FISIP Universitas Hasanuddin.

Midgley, Hall, Hardiman, & Narine. 1995. Community participation, social development and the state. Methuen.

Planck Ulrich. 1990. Sosiologi Pertanian. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Putri Dian Rahmi. 2015. Intervensi Penyuluh Pertanian Dalam Pemberdayaan Sosial Ekonomi Kelompok Tani di gampong Pulo Blang Mangat Kecamatan Syamtarila Bayu Kabupaten Aceh Utara. Skripsi. Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala.

Rahardjo. 1995. Pembangunan Pedesaan dan Perkotaan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Salim. 2005. Dasar-dasar Penyuluhan Pertanian. Jakarta : Sinar Grafika : 231 hal.

Siahaan FCH. 2010. Pengertian Intervensi. (Online). http://eprints.undip.ac.id/13684/1/D2A004036_Frengki_C_H_Siahaan.pdf.

Sitompul, Rislima. 2009. Merancang Model Pengembangan Masyarakat Pedesaan dengan sistem Pendekatan System Dynamic. Jakarta: LIFI Press.

Soekartawi. 1988. Prinsip Ekonomi Pertanian. Rajawali Press. Jakarta.

Sumarjo, Slamet M. 2000. Teori Penyuluhan. Bogor. Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor.

Downloads

Published

2024-02-27

How to Cite

Deras, S. ., & Marpaung, J. . (2024). Intervensi Penyuluhan Pertanian Dalam Pemberdayaan Sosial Dan Ekonomi Kelompok Tani Padi Sawah Di Desa Wonosari Deli Serdang Sumatera Utara. Jurnal Agriust, 3(2), 65–72. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/AGRIUST/article/view/3502

Issue

Section

Artikel