Analisis Sistem Agribisnis Hulu Pada Usaha Budidaya Anggur di Jagad Farm House Gardening Kecamatan Binjai Utara

Authors

  • Herlina Yolanda Tambunan Fakultas Pertanian Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Maryanti Sitohang Fakultas Pertanian Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Mai Fernando Nainggolan Fakultas Pertanian Universitas Katolik Santo Thomas Medan

DOI:

https://doi.org/10.54367/agriust.v4i2.4015

Keywords:

agribisnis hulu, budidaya anggur, lahan pekarangan, Jagad Farm Binjai, input pertanian, prospek pengembangan

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menganalisis sistem agribisnis hulu pada usaha budidaya anggur yang dilakukan oleh Jagad Farm Binjai, Sumatera Utara di lahan pekarangan rumah. Sistem agribisnis hulu mencakup pemilihan varietas, penyediaan benih dan bibit, pemupukan, pestisida, dan teknologi yang digunakan. Data diperoleh melalui observasi lapangan, wawancara dengan pengelola Jagad Farm, dan tinjauan literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem agribisnis hulu di Jagad Farm Binjai menggunakan varietas unggul dan teknologi modern untuk meningkatkan produktivitas. Meskipun demikian, tantangan seperti akses pasar masih menjadi kendala bagi pihak Jagad Farm Binjai. Dukungan pemerintah dan penguatan kemitraan dengan pihak swasta diidentifikasi sebagai peluang untuk mengembangkan sistem agribisnis hulu yang lebih efisien dan berkelanjutan.

References

Bano, M., & Herewila, K. 2020. Analisis Sistem Agribisnis Usahatani Sawi Putih Di Kelurahan Naibonat Kecamatan Kupang Timur Kabupaten Kupang. Jurnal Excellentia. 9 (01). 84-92.

Badan Pusat Statistik 2023. Statistik Indonesia Tahun 2023. BPS Sumatera Utara.

Budiyati, E. dan Apriyanti, L. H. 2015. Bertanam anggur di pekarangan. AgriFlo.

Hanani, N., Toiba, H., Asmara, R., Nugroho, T. W., Andajani, T. K., Nugroho, C. P., dan Andrianto, B. 2023. Pengantar ekonomi pertanian. Universitas Brawijaya Press.

Hastuti, D. R. D. 2017. Ekonomika agribisnis (teori dan kasus).

Ifadah, M., Karno, K., dan Kristanto, B. A. 2023. Keberhasilan stek anggur (vitis vinifera l.) pada berbagai macam aplikasi zat pengatur tumbuh alami dan asal bahan stek. Agroeco Science Journal. 2(1). 9-16.

Khairad, F. 2020. Sektor pertanian di tengah pandemi covid-19 ditinjau dari aspek agribisnis. Jurnal Agriuma. 2(2). 82-89.

Masnang, A. 2022. BAB 5 daur hara kehidupan. Pengantar Ilmu Pertanian. 71.

Panunggul, V. B., Yusra, S., Khaerana, K., Tuhuteru, S., Fahmi, D. A., Laeshita, P., dan Firmansyah, F. 2023. Pengantar ilmu pertanian. Penerbit Widina.

Rahim, A., & Hastuti, D. R. D. 2005. Sistem manajemen agribisnis.

Siswanto, Y., Setiawan, A., dan Amrul, H. M. Z. N. 2023. Teknik tanaman buah dalam pot untuk budidaya tanaman anggur (Vitis vinifera L.). Penerbit Tahta Media.

Sari, F. P., Munajat, M., Lastinawati, E., Meilin, A., Judijanto, L., Sutiharni, S., dan Rusliyadi, M. 2024. Pembangunan pertanian berkelanjutan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Tamboto, C. C. P., Manginsela, E. P., dan Maweikere, A. J. M. 2023. Pemanfaatan lahan pekarangan Di Kelurahan Kleak Kecamatan Malalayang Kota Manado. AGRI-SOSIOEKONOMI. 19 (3).1555-1562.

Downloads

Published

2024-09-03

How to Cite

Tambunan, H. Y. ., Sitohang, M. ., & Nainggolan, M. F. (2024). Analisis Sistem Agribisnis Hulu Pada Usaha Budidaya Anggur di Jagad Farm House Gardening Kecamatan Binjai Utara. Jurnal Agriust, 4(2), 55–60. https://doi.org/10.54367/agriust.v4i2.4015

Issue

Section

Artikel